Jumat, 02 Desember 2011

Manic Street Preachers - National Treasures: The Complete Singles (2011)

Akhir tahun adalah kurun waktu para produsen isi media musik rekaman banyak mengeluarkan materi "the best" bila mereka tidak memiliki materi baru dalam sebuah album. Bagaimana pun industri musik rekaman, terutama di Barat, memahami konteks bahwa akhir tahun adalah masa di mana konsumsi meningkat drastis. Dari sisi lain, pengakses pesan media musik rekaman bisa saja "diuntungkan" karena mendapatkan album "the best", utamanya pendengar yang baru atau tak fanatik. Hal yang berbeda akan dirasakan oleh pendengar fanatik suatu band atau penyanyi yang memang memiliki koleksi album lengkap dari produsen pesan yang bersangkutan. Bagi pendengar semacam ini, kompilasi "the best" pasti terasa membosankan karena hanya mengulang-ngulang materi yang telah ada.

Bagi saya, album "National Treasures" ini kalah bagus dari album the best sebelumnya yang dirilis pada tahun 2002, "Forever Delayed". Pada album "greatest hits" itu memang sudah ada lagu yang ditunggu untuk masuk dalam album, misalnya lagu "The Masses Against the Classes" dan "There by the Grace of God". Hal yang tidak terjadi untuk album "kompilasi terbaik" kedua ini, tidak ada lagu yang benar-benar ditunggu untuk dikompilasi seperti pada album "Forever Delayed", juga pada album b-side "Lipstick Traces" (2003). Walau begitu, satu-satunya lagu baru dari Manics di album ini, "This is the Day", lumayan enak didengar dan menjadi pengobat rindu bagi para penggemarnya.

Susunan lagu secara kronologis di album juga menunjukkan bagaimana suksesnya perjalanan karir bermusik mereka. Saya sedikit kecewa karena ada beberapa lagu bagus yang tidak masuk ke album the best ini. Tapi okelah, bagi band dengan banyak lagu hits seperti Manics pasti akan sangat sulit memilih lagu hit mereka. Manics juga memilih tidak memasukkan lagu-lagu mereka dari mini album dan tidak satu pun lagu dari album "Journal for the Plague Lovers" (2009) hadir di album ini karena mereka memang tidak mengeluarkan single dari album tersebut.

Kompilasi ini tetap menarik untuk didengarkan walau tidak ada materi dan susunan lagu yang mengejutkan. Seperti lumrahnya industri musik rekaman yang sudah maju, kita tunggu saja Manics merilis "National Treasures" dalam edisi khusus, seperti halnya remix dari "Forever Delayed" yang bagus itu. Kemungkinan besar mereka akan merilis edisi spesial itu, tinggal ditunggu beberapa waktu lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...