Jumat, 21 Februari 2014

Hal-hal yang Hilang

Sudah lama sekali tidak menulis. Tahun 2014 menginjak bulan kedua, saya baru tergerak untuk menulis lagi di blog tercinta ini. Tentu saja banyak hal-hal yang hilang ketika tak menulis sesuatu yang biasa secara rutin, antara lain menulis yang "tidak biasa" jadi tidak produktif juga. Selain itu, ada hal-hal lain yang hilang selama ini, yaitu fungsi-fungsi dari menulis pada diri. Pertama dan yang utama, menulis itu selalu berkaitan dengan diri sendiri, bukan dengan orang lain, bukan dengan publik yang lebih luas, apalagi deng Sang Pencipta. Menulis, tak kurang dan tak lebih, adalah dinamika melawan diri sendiri, terutama kemalasan dan keengganan. Baru kemudian yang lain-lain, berbagi dengan orang lain, menyebarkan pengetahuan, mencerdaskan bangsa. Hehehe....

Bagi saya pribadi, menulis memiliki tiga fungsi utama nan penting bagi diri sendiri, terutama kita sebagai pembelajar. Ketiga fungsi tersebut adalah fungsi "kliping", pengingat, dan taksonomi. Menulis adalah "mengkliping" kejadian-kejadian di sekitar kita, yang menarik perhatian kita. Menulis akan membuatnya terdokumentasikan. Pada fungsi ini kita belum memberikannya komentar atau perasaan atas kejadian tersebut, namun sebagai pencatat sahaja.

Pada fungsi kedua, yang bolehlah dianggap sebagai lanjutan dari fungsi yang pertama, menulis adalah pengingat pemikiran dan perasaan kita sendiri atas sebuah peristiwa, konsep, atau sesuatu yang lain. Melalui tulisan kita sendiri, kita bisa mengingat pemikiran dan perasaan kita atas sesuatu yang telah terjadi. Mesti diingat baik-baik, apapun yang dituliskan sampai selesai pasti suatu saat dapat digunakan kembali. Tentu saja dengan pengutipan yang etis. Jangan sampai kita dilabeli melakukan plagiarisme pada tulisan sendiri.

Terakhir, menulis memiliki fungsi yang luar biasa dalam mengkonstuksi pelan-pelan pemikiran kita sendiri. Menulis, membaca, dan membangun taksonomi atas pengetahuan dan realitas, selalu berjalan beriringan. Penulis yang bagus adalah pembaca yang intens. Menulis dengan baik adalah upaya membangun dengan cermat dan sistematis apapun yang kita pikirkan dan kita rasakan. Nah, saya sepertinya sudah agak lama kehilangan tiga fungsi tersebut. Semoga setelah menulis ini, saya mulai menulis lagi dengan kontinyu.

Semoga tak ada problematika dalam diri yang menjadikan kita tak menulis secara teratur dan selesai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...