Senin, 17 September 2012

OST - Perahu Kertas (2012)

OST Perahu Kertas (2012)
Bila saat-saat sekarang ini kita mencari album ini di toko buku Gramedia sebagai distributor eksklusif, kemungkinan sudah agak sulit. Sekitar sebulan lalu saya mengakses, album ini masih cukup banyak tersedia, namun seiring berjalannya waktu album ini ternyata laris juga. Kemarin saya melihat album ini sudah tidak lagi dipajang ketika membeli buku di jaringan toko buku terbesar di Indonesia ini.

Lagu-lagu di album OST ini memang enak untuk didengarkan walau hanya ada delapan lagu. Dua lagu tidak dihitung karena merupakan minus one. Minus one adalah strategi agar slot album yang masih kurang bisa terisi.

Ragam pesan media yang bersumber pada satu narasi fiksi memang semakin banyak di Indonesia, termasuk album ini. OST berasal dari novel karya Dewi Lestari yang kemudian difilmkan. Hanung Bramantyo juga kabarnya berpegang penuh pada isi novelnya. Sepintas lagu-lagu di album ini beragam, namun terlihat Dewi Lestari memegang kendali terlalu kuat. Hal ini tidak mengejutkan karena diapun melakukan hal yang sama untuk novel dan albumnya pada tahun 2008, Rectoverso. Di satu sisi hal ini menunjukkan multi bakat pada dirinya, di sisi lain juga menunjukkan hegemoni makna yang jadi lebih terasa. Pengakses pesan sedikit terkurangi keleluasaannya dalam memaknai teks.

Secara umum album ini bermateri bagus, terutama lagu "Perahu Kertas" yang liris sangat dekat pada kisah relasi cinta yang lumayan pelik. Saya pribadi, sebagai pemuda era 1990-an, sangat suka dengan lagu "Langit Amat Indah" oleh Rida Sita Dewi. Bukan hanya mereka sudah lama tak merilis lagu tetapi juga karena harmonisasi vokal perempuan seperti era Wilson Phillips memang indah dan mengingatkan pada masa lalu ketika akses pada musik rekaman masih terbatas dan kualitas bagus masih relatif mudah ditemui.

Daftar lagu:
1. Maudy Ayunda - Perahu Kertas
2. Dendy Mikes - 2 Manusia
3. Maudy Ayunda - Tahu Diri
4. Rida Sita Dewi - Langit Amat Indah
5. Nadya Fatira - A New World
6. Elyzia Mulachela - Cinta yang Tak Mungkin
7. The Triangle - How Could You? (Movie Version)
8. Adrian Martadinata - Behind the Star
9. Maudy Ayunda - Tahu Diri (Minus One)
10. Maudy Ayunda - Perahu Kertas (Minus One)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...