Senin, 05 Januari 2015

U2 - Songs of Innocence + (2014)

U2 - Songs of Innocence + (2014)
Seringkali kita tak adil dalam memperlakukan suatu karya dari band atau produsen konten yang di masa lalu pernah menghasilkan album adikarya. Itulah yang terjadi sewaktu saya mendengarkan album ketigabelas U2 ini. Saya membayangkan mereka akan menghasillkan The Joshua Tree atau Achtung Baby "baru". Dua karya adikarya U2. Namun saya salah, album Song of Innocence tentu sjaa berbeda dari kedua album masterpiece itu, tidak ada lagi The Joshua Tree atau Achtung Baby lain. Setiap karya atau konten adalah berbeda. Walau tidak menyamai kualitas kedua album masterpiece tersebut, album ini juga termasuk album yang sangat bagus. Kombinasi masa lalu yang ditafsir dalam kekinian.

Di dalam album ini U2 mencari akar mereka dan alasan utama mereka bermusik puluhan tahun."Introspeksi" tersebut sangat berhasil. Lagu-lagu di album ini berkisah personal namun tetap segar dalam konteks sekarang ini. Bagi saya ini yang terpenting, cara kita berinteraksi dengan masa lalu secara positif adalah penting. Walau begitu, perdebatan pertama dan utama dari album ini bukanlah isinya namun lebih pada cara manajemen U2 menjangkau pendengar yang lebih luas melalui iTunes. Album ini versi awalnya diberikan secara gratis, sementara versi selanjutnya, dengan tambahan dua lagu baru dan lagu-lagu di album versi pertama yang dimainkan secara akustik, dijual dengan murah. Orang-orang yang bukan pendengar U2 merasa terganggu dengan "paksaan" untuk mendengarkan album terakhir ini. Sementara pendengar U2 pastinya bahagia mendapatkannya secara gratis. Perdebatan cara distribusi tersebut menunjukkan sekali lagi bahwa U2 adalah band besar walau besar bukan berarti bisa seenaknya memaksakan karya kita pada orang lain.


Daftar lagu:

CD 1
1. The Miracle (of Joey Ramone)
2. Every Breaking Wave
3. California (There is No End to Love)
4. Song for Someone
5. Iris (Hold Me Close)
6. Volcano
7. Raised by Wolves
8. Cedarwood Road
9. Sleep Like A Baby Tonight
10. This is Where You Can Reach Me Now
11. The Troubles

CD 2
1. Lucifer's Hands
2. The Crystal Ballroom
3. Every Breaking Wave (From Acoustic Sessions)
4. California (There Is No End To Love) (From Acoustic Sessions)
5. Cedarwood Road (From Acoustic Sessions)
6. Raised By Wolves (From Acoustic Sessions)
7. Sleep Like A Baby Tonight (Alternative Perspective Mix By Tchad Blake)
8. Song For Someone (From Acoustic Sessions)
9. The Miracle (Of Joey Ramone) (Busker Version)
10. The Troubles (Alternative Version)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...