Jumat, 08 Februari 2013

Sherina - My 3 Little Albums (2012)

Sherina - My 3 Little Albums (2012)


Jangan pernah menyepelekan konten media untuk anak, sebab melaluinya anak-anak belajar tentang kehidupan, memutuskan mana yang baik dan buruk, dan menilai mana yang indah dan teruk. Dengan begitu, semestinya, kita lebih serius memperhatikan isi media anak. Sayangnya, aparat pemerintah cenderung abai dengan konten media untuk anak. Anak dianggap orang dewasa dalam bentuk "mini" sehingga bila anak mengakses konten bukan untuk anak-anak biasanya dianggap wajar saja.

Kita bisa mengamati tahun lalu ketika kisah "Bang Mamat dari Kalipasir" bisa muncul sebagai bahan bacaan di sekolah, juga yang terakhir, masuknya kisah "Lebih Enak Inem" di sekolah menengah di Bandung. Keduanya mengandung unsur pornografi dan sungguh tidak pantas masuk sebagai bahan bacaan di sekolah. Pun dengan konten iklan produk anak yang disiarkan pada hari Minggu, di mana anak hampir tidak mendapatkan perlindungan dari negara, dalam hal ini regulator publik, KPI, dan pemerintah. Para orang tua mesti berupaya sendiri untuk "melindungi" anak-anak dari konten media buruk. Saya sendiri pernah mengalami lumayan sulitnya memilih dan memilah konten media untuk anak. Misalnya saja saya pernah membeli buku bacaan untuk anak, ternyata isinya sangat sektarian dan mengenalkan poligami. Atau melarang anak untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu yang ditujukan untuk remaja walau dinyanyikan dengan gaya anak-anak, tetapi sulit karena televisi seringkali memutarknya pada jam anak-anak menonton.

Untungnya, untuk konten media musik rekaman, belakangan ini kita mendapatkan beberapa album bagus, yaitu OST Upin & Ipin, album kedua Calista Amadea, dan yang terbaik, box set album Sherina. Tiga album masa kanak-kanak Sherina dirilis kembali dalam format box set berjudul My 3 Little Albums. Tiga album yang sangat bagus. Ketiga album tersebut adalah Andai Aku Besar Nanti (1999), Lihatlah Lebih Dekat (2000), dan My Life (2002). Ketiga album ini tidak hanya bagus, album pertama malah masuk dalam 500 album Indonesia terbaik sepanjang masa, tetapi sangat layak didengarkan dan dianalisis. Dari sisi musik, suara penyanyi, dan lirik semua lagu memiliki kualitas sangat bagus.

Ketiga album Sherina pada masa kecil ini adalah album yang sangat bagus dari sisi musik dan lirik. Musiknya di aransemen oleh salah satu maestro Indonesia, Elfa Secioria. Pendengar musik Indonesia, terutama pencinta konten media untuk anak, beruntung Elfa Secioria pernah berkarya di bidang musik untuk anak. Hampir semua lirik lagu berbincang tentang pengalaman otentik anak, tidak hanya pengalaman personal tetapi juga berkaitan dengan relasi sosial.

Album "Andai Aku Besar Nanti" sangat terkenal. Menjadi terobosan album lagu anak pada jaman itu yang didominasi lagu-lagu ciptaan Papa T. Bob yang musiknya biasa dan liriknya seringkali tidak pas dengan dunia anak. Album ini adalah satu dari dua album untuk anak yang dinilai oleh majalah Rolling Stone Indonesia sebagai bagian dari 500 album terbaik Indonesia sepanjang masa. Seingat saya album ini masih aktual sampai sekarang dan masih enak untuk didengarkan dan diapresiasi.


Sherina - Andai Aku Besar Nanti (1999)


Andai Aku Besar Nanti
Daftar Lagu:
1. Pelangiku
2. Andai Aku Besar Nanti
3. Dua Balerina
4. Kembali ke Sekolah
5. Putri dalam Cermin
6. Bermain Musik
7. Aku dan Rembulan
8. Balon Udaraku
9. Dua Balerina (duet)


Album kedua ini juga sangat terkenal pada eranya. Album ini terkenal karena, selain meterinya sangat bagus, juga karena menjadi OST dari film "Petualangan Sherina". Film itu juga menjadi terobosan untuk film bagi anak-anak dan keluarga dan menjadi standard bagus bagi film-film untuk anak-anak setelahnya. Sayangnya, era film anak-anak bagus terhenti karena trend film remaja yang dimulai dengan film "Ada Apa dengan Cinta".

Lihatlah Lebih Dekat
Daftar Lagu:
1. Lihatlah Lebih Dekat
2. Jagoan
3. Bintang-bintang
4. Anak Mami
5. Kertarajasa
6. Persahabatan
7. Petualangan Sherina (Theme Song)
8. Menikmati Hari
9. Kertarajasa (oleh Djaduk Ferianto)
10. Lihatlah Lebih Dekat
11. Persahabatan (reprise)


Sherina - Lihatlah Lebih Dekat (2000)
Album terkahir Sherina pada masa kecilnya ini juga sangat bagus, bahkan menurut saya paling bagus dibandingkan dengan dua album sebelumnya. Kualitas vokal dan musik meningkat di album ini. Walau begitu, anak-anak masih bisa mengikuti irama albumnya sekaligus mendapatkan inspirasi hal-hal bajik dari album ini. Lagu semacam "Aku Beranjak Dewasa", "My Life" (versi Bahasa Inggris), dan "Sahabat Sepanjang Jalan" adalah lagu-lagu terbaik sepanjang masa dan mestinya tetap beredar di telinga anak-anak sampai sekarang.

My Life
Daftar Lagu:
1. Aku Beranjak Dewasa
2. Click-clock
3. My Life (English)
4. Curahan Segalanya
5. My Life
6. Sahabat Sepanjang Masa
7. Sebuah Rahasia
8. Kisah sang Lebah
9. Kotak Musikku


Sherina - My Life (2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...