Kamis, 21 Februari 2013

Various Artist - Upin & Ipin dan Kawan-kawan (2012)

VA - Upin & Ipin dan Kawan-kawan (2012)
Beberapa waktu yang lalu sekiranya saya menemukan alternatif jawaban dari disukainya Upin & Ipin oleh masyarakat Indonesia. Sederhana saja, Upin & Ipin disukai karena kontennya yang bermuatan multikulturalisme. Ternyata diam-diam atau terang-terangan, masyarakat pendengar Indonesia mengharapkan dengan sangat konten yang multikultur di tengah kondisi sosial yang semakin sektarian. Seperti halnya konten media Si Unyil pada era 1980-an yang isinya multikultur, demikian juga dengan Upin & Ipin. Keduanya juga berada pada koridor multikultur dengan budaya "panglima", dalam si Unyil budaya Jawa menjadi budaya dominan, dalam Upin & Ipin budaya Melayu menjadi yang utama.

Perbedaannya, si Unyil diproduksi dan didorong oleh negara, sementara Upin & Ipin didorong oleh swasta walaupun kabarnya pemerintah Malaysia memfasilitasi dengan beragam kemudahan produksi. Upaya produsen pesan yang sangat berupaya dekat dengan budaya Indonesia terlihat dari konten media musik rekaman yang menjadi konten media pendamping dari filmnya. Hampir semua lagu di album ini bagus dan bicara tentang kehidupan anak-anak yang mengasyikkan. Lagu-lagu yang menarik untuk disimak adalah Kakakku Sayang, Sabar, dan Cita-citaku. 

Daftar lagu:
1. Fadly - Baca Bukumu
2. Fadly & Zahra - Kakakku Sayang
3. The Changcuters - Yo Yo Olahraga
4. Green Voice - Gosok Gigi
5. Green Voice - Ayo Sekolah
6. Lana Nitibaskara - Cita-Citaku
7. Tasya - Libur Sebentar Lagi
8. Rara Tarmizi - Bersama Sahabat
9. Faren - Sabar
10. Lana Nitibaskara - Bulan Puasa
11. Padi - Sahabat Selamanya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...