Kamis, 10 Januari 2013

The Empty Page

Sonic Youth - Murray Street (2002)


Pagi memberikan banyak kemungkinan, rencana seharian, tindakan nantinya dari siang sampai malam. Pagi ibarat halaman kertas kosong yang mestinya bisa kita tulis apa saja. Begitulah yang dia pikirkan sembari mendengarkan The Empty Page dari Sonic Youth. Lagu ini memang bagus dan bisa membawa banyak tafsir. Makna halaman kertas kosonglah yang mengemuka di pikirannya. Berbincang mengenai tafsir atas teks dia mengingat lagi perdebatan yang sudah menjadi klasik, apakah teks membawa motif produsennya utuh penuh atau diserahkan seluruhnya pada pemakna?

Bila teks membawa motif dan keinginan produsen di mana fokus utama lebih pada komunikatornya, teks sebenarnya disebut sebagai pesan. Cara pandang awal dari proses komunikasi, begitu batinnya, dia coba mengorek lagi lapisan pengetahuan awal atas proses komunikasi. Namun teks tidak seperti itu, teks "diserahkan" sepenuhnya pada komunikan. Komunikan adalah pemakna, dia bisa bebas memaknai pesan sebebas-bebasnya. Pengarang telah mati. Komunikator telah menghilang. Pesan secara umum merujuk pada empirisme dan teks secara luas merujuk pada rasionalisme.

Lagu bagus ini menunjukkan hal tersebut. Bila dilihat sebagai pesan, lagu ini merujuk pada Jimmy Page, seorang gitaris dari band legendaris Led Zeppelin. Lagu ini menggambarkan keinginan Thurston Moore untuk bertemu dengan Jimmy Page dan Robert Plant ketika merekam materi lagu bersama rekannya, Steve Albini. Namun Albini menolaknya. Penjelasan ini menunjukkan bahwa lagu The Empty Page hadir karena kegundahan Moore. Eksplanasi tersebut bukan tafsir namun "kebenaran" yang ada di balik terciptanya sebuah lagu.

Di sisi lainnya, bila seorang pemakna mendengar dan mencerna lagu ini, tafsir yang paling mungkin memang sesuatu yang berkaitan dengan halaman kertas kosong. Atau juga dari metafor halaman kosong tersebut, pemakna bisa menuju kemana-mana. Ah, sudahlah...dia harus menyelesaikan lagu ini karena tugas-tugas rutinnya sudah menanti....

The Empty Page oleh Sonic Youth

These are the words
But not the truth
God bless them all
When they speak to you
But that's all right
On an empty stage
Sing out when
There's no other way
Come drift the town
Where secrets lie
Where friends & neighbors
Keep drifting by
But that's all right
You're here to stay
Sing out tonight
The empty page
I always thought I'd see
Your name in flashing light
You did it all for free girl
And freely ripped the night
(you're free to fight)
These are the words
But not the truth
God bless them all
When they speak to you

But that's all right
You're here to stay
Sing out tonight
The empty page
Do you remember the time
When you were new in town
You smashed yr head in the mirror baby
And kissed the frozen ground
(you're ripped up sound)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...