Rabu, 02 April 2014

OST - The Hunger Games: Catching Fire (2013)

Various Artist - OST Catching Fire (2013)


Filmnya sudah agak lama dirilis, namun saya baru mencermatinya lagi ketika mendengarkan original soundtrack dari film ini. Biasanya bila saya menonton film, pertama-tama bukan filmya yang langsung menarik perhatian. Saya akan mendengarkan musik dan OST-nya. Film ini jelas memiliki OST yang bagus. OST yang bagus tak hanya mendukung dan memperkuat filmnya, melainkan menjadi entitas tersendiri. 

Lagu yang terutama terekam setelah menonton film "Catching Fire" adalah lagu "Atlas" oleh Coldplay. Saya coba mengingat-ingat informasi yang pernah terekam di benak. Apa atau siapa Atlas itu? mungkinkah dewa yang menggendong bumi yang sarat dan tua? saya belum mengecek validitas informasi tersebut. Memang sepertinya pas. Lagu ini diputar di akhir film menyertai credit title dan terekam jelas adegan-adegan di filmnya, terutama adegan saling membunuh dan berstrategi di permainannya.

Lagu lain yang langsung teringat adalah lagu yang dinyanyikan remaja yang sedang naik daun sekarang ini, Lorde. Lagunya saya sudah langsung tahu, lagu ini adalah lagu lama milik Tears for Fears, "Everybody wants to Rule the World". Saya lebih menyukai versi aslinya karena versi yang dinyanyikan Lorde ini terasa kurang efek paradoksnya karena dinyanyikan terlalu suram.

Lagu-lagu lainnya lumayan menggugah karena mengundang kita untuk mengingat-ingat filmnya sekaligus mengajak mengeksplorasi semesta teks yang lebih luas berkonteks totaliterianisme dan kehidupan yang paradoksal: berjuang dan bermain-main, mengasihi sekaligus membenci, dan keseriusan bertarung didampingi fashion yang chic.

Daftar lagu:
1. Coldplay - Atlas
2. Of Monsters and Men - Silhouettes
3. Sia (Ft. The Weeknd & Diplo) - Elastic Heart
4. The National - Lean
5. Christina Aguilera - We Remain
6. The Weeknd - Devil May Cry
7. Imagine Dragons - Who We Are
8. Lorde - Everybody Wants To Rule The World
9. The Lumineers - Gale Song
10. Ellie Goulding - Mirror
11. Patti Smith - Capital Letter
12. Santigold - Shooting Arrows at The Sky
13. Mikky Ekko - Place for Us
14. Phantogram - Lights
15. Antony and the Johnsons - Angel on Fire

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...