Senin, 28 April 2014

Beck - Morning Phase (2014)

Beck - Morning Phase (2014)

Sepintas album ini kongruen dengan album legendaris Beck yang dirilis tahun 2002, Sea Change, namun bila dicermati lebih mendalam, album ini memiliki visi yang berkebalikan dengan album 2002 itu walau musik yang disampaikan mirip. Pagi memiliki makna untuk memulai semuanya kembali di album ini, dalam pengertian yang positif dan konstruktif. Pemaknaan semacam ini teramati pada lagu "Morning" dan "Walking Light".

Bukan berarti lagu-lagu di album ini membicarakan hal yang positif melulu karena memang hampir tak mungkin di dalam menjalani hidup semuanya hal yang menyenangkan atau diinginkan semua. Ada paling tidak dua lagu yang berkisah tentang hal tak mengenakkan, yaitu "Say Goodbye" dan "Unforgiven", walau begitu fokus lebih besar adalah pemaknaan penyampai teks bahwa yang penting kita berdamai dengan semua hal negatif tersebut, biarkan selamat tinggal disampaikan dan dalam hidup tak ada yang tak termaafkan. Lagu "Blackbird Chain" juga bicara hal yang mirip namun disampaikan dengan sedikit berbeda. Lagu ini berkisah tentang orang yang pernah menyakiti kita, namun tak apa, toh hidup terus berjalan dan penjelasan bisa diberikan lain waktu.

Album kelimabelas Beck ini termasuk dalam deretan karya terbaik yang dirilisnya walau pendengar yang berharap ada lagu cepat dan membuat bergoyang semacam "Loser" atau "Girl" kemungkinan besar akan kecewa. Lagu yang berirama paling "cepat" di album ini adalah "Blue Moon" yang menjadi single pertama. Irama yang agak cepat menunjukkan bahwa produsen teks tak sepenuhnya bersendu-sendu dan lagu ini juga bicara tentang pemakluman kesendirian dalam nuansa positif. Album bagus ini terasa personal sekaligus juga universal, bahwa manusia pasti tersakiti dan sangat mungkin menyembuhkan luka batinnya sendiri.

Daftar lagu:
1. Cycle
2. Morning
3. Hearts is A Drum
4. Say Goodbye
5. Blue Moon
6. Unforgiven
7. Wave
8. Don't Let It Go
9. Blackbird Chain
10. Phase
11. Turn Away
12. Country Down
13. Walking Light

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...