Senin, 07 September 2015

Pearl Jam - Rearviewmirror (Greatest Hits 1991 - 2003) (2004)

Pearl Jam - Rearviewmirror (2004)

Menonton film-film lama adalah hal yang mengasyikkan, apalagi bila kebetulan filmnya bagus dan memiliki album Original Soundtrack yang asyik pula. Salah satu film lama yang saya tonton kembali adalah Big Fish (2003). Film besutan Tim Burton dan menurut saya, merupakan film terbaik karyanya. Sewaktu pertamakali menonton film ini hal yang paling saya ingat adalah sebuah lagu bagus yang menjadi latar belakang dari credit title ketika film berakhir. Seingat saya, saya langsung termangu mendengarkan lagu indah tersebut. Saya tahu yang menyanyikannya adalah Pearl Jam tapi ada di album yang mana? sementara untuk mencari album OST pada jaman itu tidaklah terlalu mudah. Lagu tersebut adalah "Man of the Hour". Lagu yang tepat sekali dengan deskripsi pada filmnya. Hal yang diakui oleh para personel Pearl Jam sebagai film yang mencerahkan mereka.

Big Fish (2004)

Lagu tersebut berkisah tentang relasi ayah dan anaknya, relasi sayang benci dan rindu. Sejalan dengan dalam teks filmya. Seorang anak yang merasa relasinya dengan sang ayah tidak terlalu dekat. Ayahnya selalu berhasil menarik banyak orang melalui kisah hidup "fiksi"-nya, yang antara lain ditautkan oleh seekor ikan besar. Pada bagian akhir teks si anak menyadari bahwa fakta dan fiksi untuk menceritakan masa lalu adalah sah saja, seringkali fiksi lebih berguna karena fiksi lebih menyenangkan.

Album berisi kumpulan lagu terbaik ini juga termasuk album "the best of" yang menarik, ternyata hit Pearl Jam sejalan dengan lagu-lagu yang mereka anggap terbaik. Kita mesti mengingat bahwa album "greatest hits" dan "the best of" tidaklah sama persis maknanya. Album ini adalah album kumpulan yang bagus karena memaktub semua lagu terbaik dari album-album Pearl Jam sebelum tahun 2004. Memang album ini tidak memasukkan beberapa lagu yang juga dikenal sebagai hit dan merupakan lagu-lagu bagus, yaitu "Alone", "Whale Song", dan "Footsteps", namun ketiga lagu tersebut sudah masuk ke dalam album kumpulan yang lain setahun sebelumnya, Lost Dogs (2003).

Album ini terdiri dari tiga puluh tiga lagu yang dipecah dalam dua keping CD. Daftar lagunya adalah sebagai berikut:

CD 01
1. Once
2. Alive
3. Even Flow
4. Jeremy
5. State of Love and Trust
6. Animal
7. Go
8. Dissident
9. Rearviewmirror
10. Spin the Black Circle
11. Corduroy
12. Not for You
13. I Got Shit
14. Hail, Hail
15. Do the Evolution
16. Save You
 
CD 02
1. Breath
2. Black
3. Daughter
4. Elderly Woman behind the Counter in A Small Town
5. Immortality
6. Better Man
7. Nothingman
8. Who are You
9. Off He Goes
10. Given to Fly
11. Whishlist
12. Last Kiss
13. Nothing as It Seems
14. Light Years
15. I am Mine
16. Man of the Hour
17. Yellow Ledbetter
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...