Selasa, 08 September 2015

OST - Beautiful Girls (1996)

OST - Beautiful Girls (1996)

Dekade 1990-an sekali lagi adalah dekade penuh dengan film dan album OST bagus. Sepertinya film-film pada era tersebut juga berlomba untuk menghasilkan OST yang bagus, bahkan film-film remaja juga memiliki album OST yang bagus, seperti Angus, She's All That, dan Varsity Blues. Hal yang mirip terjadi dengan film-film drama komedi romantis. Salah satunya adalah film Beautiful Girls. Pada era itu media yang paling umum adalah kaset karena compac disc masih terhitung mahal. Walau kualitasnya kurang bagus, produksi kaset pada era tersebut sangat beragam. Dengan mudah kita mendapatkan kaset dari film-film yang bahkan tidak diputar di Indonesia walau kemudian VCD murah juga cukup banyak beredar.

Selain merepresentasikan adegan pada film, fungsi lain dari album OST dari sisi pendengar adalah mengenalkan karya dari penyanyi yang tidak akrab bagi telinga pendengar di Indonesia. Siapa yang mengenal Afghan Whigs, Chris Isaak, dan Ween? okelah, karena lagunya sangat ikonik di era 1990-an, Chris Isaak lumayan dikenal, namun tidak dengan beberapa penyanyi lain di album ini.

Menurut saya, film dan OST Beautiful Girls saling memperkaya teks. Memang mengasyikkan mengakses multi teks yang saling berelasi seperti film dan musik rekaman semacam ini, apalagi kini lumrah film berasal dari adaptasi novel. Awalnya teks tunggal yang kemudian menjadi "divergen" adalah kenikmatan tersendiri bagi pengakses teks sehingga pemaknaan yang dilakukannya menjadi lebih mendalam dan mengasyikkan.

Filmnya sendiri bercerita tentang sekumpulan orang yang coba memaknai kembali relasi mereka di masa lalu, masa SMA. Sedikit yang bisa melepaskan relasi masa sekarang dengan masa lampau, bahkan seorang karakternya masih merasa sebagai bintang ketika SMA dan mencari relasi yang sama dengan masa lampau. Sebagian besar karakter di film ini merefleksi ulang kehidupan mereka di masa SMA dan mencoba yang terbaik untuk kehidupan masa kini. Masa lampau yang dianggap indah sekalipun tak lebih penting dari masa kini yang penuh problem relasional. Begitulah kira-kira yang ingin disampaikan film ini.

Semua track di dalam album ini enak untuk didengarkan berulang-ulang, namun yang menonjol adalah Me and Mrs Jones, Beautiful Girls, dan I'll Miss You.

Daftar lagu:
1. Roland Gift - That's How Strong My Love is
2. Afghan Whigs - Be for Real
3. Howlin' Maggie - Easy to be Stupid 
4. Billy Paul - Me and Mrs. Jones 
5. Satchel - Suffering
6. Chris Isaak - Graduation Day 
7. Pete Droge & the Sinners - Beautiful Girl 
8. Ween - I'll Miss You 
9. Afghan Whigs - Can't Get Enough of Your Love, Babe 
10. The Spinners - Could It be I'm Falling in Love 
11. Kiss - Beth
12. King Floyd - Groove Me 
13. The Diamonds - The Stroll 
14. Neil Diamond - Sweet Caroline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...