Selasa, 05 Juni 2012

U2 - Achtung Baby (1991)

Bila pikiran sulit berderak kencang di pagi hari. Album U2 tahun 1991, Achtung Baby, bisa membantu. Album ini selalu berteriak nyaring: berpikirlah dalam dalam, berargumenlah terang terang!

Begitulah kira-kira satu paragraf awal bagi saya untuk mendeskripsikan album ini. Album ini tidak pernah gagal untuk menggerakkan otak saya yang seringkali malas untuk berhasrat penuh atas konsep. Album ini seperti sebuah paradoks karena saya merasa saya memahami postmodernisme lebih baik melalui album ini daripada dari buku-buku. Album ini berkisah banyak tentang ketiadaan metanarasi, arti penting citra, dan diperluas dengan peran media yang semakin merajai kehidupan.

Album ini saya dengarkan sekira tahun 1993 atau 1994 tetapi pengaruhnya sangat terasa dalam satu dekade, bahkan sampai kini. Album ini adalah album paling berpengaruh dalam hidup saya, termasuk menjadi faktor penting bagi ketertarikan saya atas musik rekaman sebagai bagian dari kajian komunikasi dan media. Secara personal lagu ini juga membantu saya merefleksikan pengalaman di masa lalu, terutama untuk lagu One, Until the End of World, dan Who's Gonna Ride Your Wild Horses.

Saya berharap suatu kali bisa mendapatkan album bagus lagi dan menjadi pemicu yang bagus untuk berpikir mendalam dan antusias terhadap hidup yang kadangkala tidak terlalu mendalam. Hidup bisa biasa saja, mungkin juga serba permukaan, namun dengan teks media semacam ini hidup bisa jadi tambah bermakna.
U2 - Achtung Baby (1991)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...