Jumat, 22 Juni 2012

U2 - The Joshua Tree (1987)

U2 - The Joshua Tree (1987)


Sudah agak lama saya tidak mendengarkan album "The Joshua Tree". Menurut saya, album ini adalah album kedua terbaik dari U2 setelah "Achtung Baby". Saya mendengarkan kembali album ini setelah menonton sebuah program acara televisi yang aslinya berasal dari Amerika Serikat. Dengan agak bodoh salah satu kontenstan di dalam acara tersebut menyebut U2 beraliran britpop ketika dia memilih lagu "With or Without You" untuk dinyanyikan. Salah satu juri di dalam acara itu juga melakukan kebodohan yang mirip dengan menyebut "The Joshua Tree", di mana lagu "With or Without You" termaktub, dirilis pada tahun 1985. Untunglah salah satu juri yang lain mengingatkan dan kemudian juri yang bersangkutan merevisinya.

Bukannya saya cerewet, namun salah informasi di dalam sebuah program acara yang ditonton banyak orang adalah kesalahan yang tidak bisa diterima apalagi orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia nyanyi-menyanyi semestinya mengetahui informasi karya-karya terbaik dengan baik. Dengan mengetahui informasi dengan benar dan kemudian memahami teks dan konteks output media musik rekaman, seorang produsen pesan, penyanyi dan pencipta lagu, akan dapat menghasilkan karya yang bagus.

Cukup membicarakan orang lain. Kini saatnya kita membahas album "The Joshua Tree" milik U2 ini. Album ini saya masukkan ke dalam sepuluh album terbaik dan paling berpengaruh bagi diri saya. Album ini termasuk sumber pengetahuan yang menjadikan saya memahami teks media dengan lebih baik, terutama dalam ranah musik rekaman atau musik populer, sebentuk media yang jarang diperhatikan oleh pembelajar ilmu komunikasi. Album ini saya dengarkan dengan intens pertama-kali pada dekade awal 1990-an dan sampai kini saya tidak pernah  bosan mendengarkannya. Album ini saya dengarkan setelah mendengarkan "Achtung Baby" sehingga tadinya saya kira album ini memiliki cara bertutur yang mirip. Ternyata keduanya berbeda, bila pada "Achtung Baby" U2 menafsir postmodernisme, pada album "The Joshua Tree" U2 menafsirkan konsep yang lebih "purba", yaitu kebebasan, baik kebebasan berekspresi maupun kebebasan bertindak.

U2 mengeksporasi kejadian-kejadian penting di era 1980-an di mana harapan akan kebebasan begitu besar. Lagu "Mothers Of The Disappeared" misalnya, berkisah tentang para ibu di Chili yang kehilangan anak-anak lelakinya karena rejim yang otoriter. "Bullet the Blue Sky" bicara topik yang mirip, tentang kebebasan di benua Amerika. Di lagu ini terdapat lirik outside is America...outside is America, mungkin juga sebagai protes mereka bahwa di luar Irlandia bukanlah Inggris melainkan Amerika. Album ini adalah album yang secara eksplisit politis, mirip dengan album mereka sebelumnya, War (1983). Lagu "Exit" adalah lagu favorit saya di album ini. Cukup politis juga sebenarnya, berbicara tentang problem eksistensial seorang pendeta/pastur antara jalan Tuhan atau agama dengan jalan hidup yang riil. Topik yang sangat dekat dengan Teologi Pembebasan di Amerika Latin.

Di album ini lagu-lagu yang saya suka justru yang tidak dirilis sebagai single. Tentu saja lagu "With or Without You", "Where the Streets Have No Name", dan "I Still Haven't Found What I Looking for" adalah lagu-lagu yang bagus, namun lagu-lagu "One Tree Hill", "Exit", dan "Running to Stand Still" adalah lagu-lagu yang berkesan dan mendorong kita untuk mendedah rumpun konsep kebebasan dan maknanya dalam gerakan politik bersama. Album ini, bersama "Achtung Baby", adalah dua album U2 yang tidak hanya berguna bagi telinga tetapi juga bagi pikiran, agar tidak mudah menerima begitu saja suatu konsep. Fungsi dari sebuah output media yang tidak diberikan banyak oleh album-album U2 setelahnya.

Daftar lagu:
1. Where The Streets Have No Name
2. I Still Haven't Found What I'm Looking for
3. With or Without You
4. Bullet the Blue Sky
5. Running to Stand Still
6. Red Hill Mining Town
7. In God's Country
8. Trip Through Your Wires
9. One Tree Hill
10. Exit
11. Mothers of The Disappeared

Dalam edisi ulang tahun keduapuluh album ini, U2 menambahkan CD 2 dengan daftar lagu sebagai berikut:
1. Luminous Times (Hold on to Love)
2. Walk to the Water
3. Spanish Eyes
4. Deep in the Heart
5. Silver and Gold
6. Sweetest Thing
7. Race Against Time
8. Where the Streets Have No Name (Single Edit)
9. Silver and Gold (Sun City)
10. Beautiful Ghost - Introduction to Songs of Experience
11. Wave of Sorrow (Birdland)
12. Desert of Our Love
13. Rise Up
14. Drunk Chicken-America

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...