Senin, 05 Mei 2014

INXS - X (1990)

INXS - X (1990)


Album-album lama menarik untuk didengarkan dan dikulik berkali-kali, terutama ketika di waktu sekarang ini tak ada album yang membuat saya antusias untuk mengaksesnya. Di antara album-album lama tersebut, album X karya INXS ini sungguh memikat dimaknai kembali. Album ini menurut saya adalah album terbaik walaupun banyak pihak menilai album sebelumnya, Kick, yang teroke.Album ini menandai tahun ke-10 (X adalah angka Romawi) mereka berkarier di musik. Album ini juga album pertama INXS yang saya dengarkan sekitar tahun 1993 karena memang dahulu itu susah sekali mendengarkan album terkini. Karena juga formatnya yang masih berupa kaset, album ini mau tak mau mesti didengarkan per lagu, tak bisa memindahkan ke berbagai track dengan mudah. Untungnya semua lagu bagus, bahkan beberapa lagu sangat bagus, jadi mendengarkan album ini berkali-kali tak jua membuat bosan.

Lagu-lagu semacam "Suicide Blonde", "Disappear", "By My Side", "Lately" dan "Bitter Tears" adalah lagu-lagu kelas satu, yang semestinya menjadikan album ini dinilai lebih baik. Lagu "Disappear" misalnya, sangat terdengar rancak dan saya teringat pertama-kali mendengarkan lagu ini ketika mendengarkan acara top 40 di radio, bernama "Rick Dees" yang waktu itu sangat populer, menyiarkan empat puluh lagu non stop selama kurang lebih tiga jam, di antara acara berita dari RRI yang mesti disiarkan radio komersial pada jaman itu. Orde Baru sangat berkuasa namun tetap ada konten bagus dari media. Di tengah maraknya lagu Barat yang pop dan slow rock, bagi saya lagu ini terdengar berbeda sekaligus indah.

Bukan berarti lagu-lagu lain tak bagus, lagu-lagu lain seperti "Who Pays the Price" dan "On My Way", juga enak untuk didengarkan. Namun entah mengapa sebagai sebuah album, album ini terasa kurang "nendang" dibandingkan album Kick, mungkin karena kurang tertata mood, ritme, dan topiknya, padahal banyak album lain yang kualitas tiap lagunya kurang bagus namun karena penataan dan pengurutannya tepat, dinilai lebih bagus dibandingkan album ini.

Daftar lagu:
1. Suicide Blonde
2. Disappear
3. The Stairs
4. Faith in Each Other
5. By My Side
6. Lately
7. Who Pays the Price
8. Know the Difference
9. Bitter Tears
10. On My Way
11. Hear That Sounde

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...