Senin, 21 Juli 2014

Manic Street Preachers - Futurology (2014)

Manic Street Preachers - Futurology (2014)
Untuk apa masa depan dibicarakan dengan mendalam sehingga menjadi suatu telaah yang sistematis bernama futurology? Kira-kira pertanyaan inilah yang bergelayut di benak ketika mendengarkan album ini. Album, yang lagi-lagi menunjukkan kekugiran tiga orang punggawa band dari Wales ini. Manic Street Preachers memang selalu merilis karya yang membuat berpikir walau sepintas tak ada tautan dengan yang ilmiah di teksnya. Tetapi kita mahfum dengan mereka, selalu ada motif politik yang mendalam, sebutlah ideologis, dari album-album mereka.

Selain masa depan, pertanyaan yang juga coba dimunculkan adalah apa budaya Eropa itu? mereka berupaya menjinakkan tafsir sebagai sekumpulan warga yang cukup lama berdiri pada posisi paling atas peradaban manusia, yang bisa jadi kini disadari bahwa peringkat atas itu cuma fatamorgana. Ketigabelas lagu di album ini jelas berkisah tentang metafor multikulturalisme, namun bukan antara Barat dan Timur atau antara bangsa maju dan bangsa belum maju, namun bahkan di antara bangsa yang maju pun ada ketimbangan tafsir dan selipnya relasi.

Album yang hanya berjarak delapan bulan dari album sebelumnya ini tidak hanya menunjukkan betapa produktifnya Manic Street Preachers, namun juga menampilkan kembali pada kita bahwa mereka selalu cerdas dan serius menggarap apa yang disebut manifestasi ideologis pada teks, mungkin bukan lagi bernama sosialisme namun mengembalikan berpikir jernih bahkan pada apa-apa yang sudah dianggap lumrah.

Daftar lagu:
1. Futurology
2. Walk Me to the Bridge
3. Let's Go to War
4. The Next Jet to Leave Moscow
5. Europa Geht Durch Mich
6. Divine Youth
7. Sex, Power, Love and Money
8. Dreaming A City (Hugheskova)
9. Black Square
10. Between the Clock and the Bed
11. Misguided Missile
12. The View from Stow Hill
13. Mayakovsky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...