Senin, 21 Juli 2014

Diswalla - Pet Your Friends (1995)

Diswalla - Pet Your Friends (1995)

Mendengarkan konten musik rekaman, seperti halnya mengakses konten media yang lain, bisa dipastikan akan terjadi relasi antara produsen dengan pengakses konten atau pemakna. Relasi tersebut dalam bentuk jaringan makna yang personal pada pemakna, tergantung dari pengalaman dan pengetahuan, dan juga konteks ruang dan waktu ketika konten tersebut diakses dan kemudian dimaknai.

Lumayan banyak konten musik rekaman yang saya dengar, terutama dari produsen konten yang mulai aktif di dekade 1980-an dan 1990-an. Bukan berarti dekade lainnya tidak saya dengar. Dekade lain, termasuk dekade terakhir ini, juga saya dengarkan, namun tetap saja kedua dekade tersebut adalah dua dekade utama karena saya tumbuh sebagai pemakna yang lumayan aktif pada kedua dekade tersebut.

Ada satu produsen konten yang pada dekade 1990-an cukup terkenal dan menghasilkan album yang banyak dibicarakan, Diswalla dengan albumnya Pet Your Friends. Saya tahu album ini karena bolak-balik diperbincangkan di MTV, yang dahulu siarannya masih tergabung di ANTV. Salah satu program acara favorit saya adalah Alternative Nation, di sinilah lagu Counting Blue Cars mendapatkan air time yang tinggi. Entah mengapa, pada era 1990-an dahulu itu, album ini tidak juga bisa saya akses. Berulang-kali ke toko kaset, album ini tak bisa diakses jua. Saya datang di saat yang tak tepat, selalu ketika "barang" datang, saya tak datang ke toko kaset di ujung jalan Malioboro yang kini mati, nama tokonya Kotamas.

Mendengarkannya kembali pada saat ini, sekitar dua dekade setelah dirilis tentu saja berbeda. Konteks waktu dan ruang mengakses konten selalu memberikan pemaknaan yang berbeda. Namun ada juga yang menarik. Karena konten musik rekaman adalah konten media yang paling kuat dalam menyimpan kenangan, mengakses album lama ini juga berfaedah.

Mendengarkan Counting Blue Cars, Explode, Charlie Brown's Parents, dan It's going to Some Time, membuat masa lalu seakan kembali di ingatan dan di hati. Masa-masa indah tentu saja. Cabikan gitar yang intens dan lirik yang berusaha tegar adalah dua ciri utama album ini, dan juga banyak album di dekade 1990-an.

Daftar lagu:
1. Pretty Babies
2. Haze
3. Counting Blue Cars
4. Explode
5. Charlie Brown's Parents
6. Give
7. Miss Emma Peel
8. Moisture
9. The Feeder
10. All She can See
11. Only for So Long
12. Date with Sarah
13. It's going to Take Some Time

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...