Senin, 21 Juli 2014

Coldplay - Ghost Stories (2014)

Coldplay - Ghost Stories (2014)
Album teranyar Coldplay ini membuat kita memikirkan kembali relasi dengan manusia lain, terutama dalam konteks cinta. Apakah relasi tersebut abadi atau temporer? juga apakah yang kita inginkan selalu bisa dimengerti oleh pasangan? Album ini juga membuat kita berpikir, sejauh mana yang personal muncul di dalam teks, sekalipun produsen teks bebas mengisi makna pada teks. Teks yang terlalu personal akan ditinggalkan, teks yang kurang personal tak akan mampu melekat pada pengakses dan juga pemakna teks.

Coldplay yang biasanya bermain dengan metafor dan pengandaian, pada lagu-lagu di album ini terlihat lebih jelas, langsung, dan tak ingin repot-repot dengan makna yang multitafsir walau judul album jelas berupaya menunjukkan metafor masa lalu dan relasi yang dibayangkan pada istilah cerita-cerita hantu. Hantu terkuat dalam bayangan seseorang mungkin memang masa lalu yang dianggap indah dan tak akan bisa dicapai kembali. Untungnya, album ini juga menawarkan bahwa sekalipun masa lalu yang indah bisa saja berakhir, kita masih punya kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang indah jua.

Daftar lagu:
1. Always in My Head
2. Magic
3. Ink
4. True Love
5. Midnight
6. Another's Arms
7. Oceans
8. A Sky Full of Stars
9. O

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...