Rabu, 07 April 2010

How Good It Can Get


Kata-kata itu sangat ampuh untuk mengubah hidup kita. Kata-kata yang bagus akan membuat kita bersemangat untuk hidup. Sebaliknya, kata-kata yang buruk, cepat atau lambat, akan membuat hidup kita kurang berjalan mulus juga. Kata-kata akan menjadi semacam mantra yang dapat mematri terbentuknya sebuah kejadian.

Kata-kata itu bukan hanya yang kita sampaikan kepada orang lain. Kata-kata yang kita sampaikan pada diri sendiri justru menjadi yang terpenting dalam konteks kehidupan personal. Biasanya, orang yang mampu mewujudkan sesuatu atau melewati peristiwa yang berat, mengatakan sesuatu di hatinya. Kata-kata yang disusupkan, dilafalkan dengan pelan, atau bahkan diteriakkan dalam hati, adalah faktor yang besar untuk mewujudkan atau melewatkan sesuatu.

Saya pernah melakukannya paling tidak satu kali. Itu terjadi pada tahun 2003. Tahun di mana di awalnya terjadi “konflik” internal dalam keluarga. Tahun yang di akhirnya, ayah saya pergi untuk selamanya, serta saya dan kekasih saya mengikat janji dalam pernikahan.

Lagu ini menjadi soundtrack kejadian di awal tahun ini. Waktu ini kami berkumpul sebagai keluarga untuk terakhir kali (kecuali adik terkecil saya yang tidak bisa meninggalkan Yogya). Kami berkumpul untuk melepas kepergian adik perempuan saya untuk bersekolah di Australia. Lagu ini mengenai hubungan interpersonal dengan orang-orang yang saya cintai, bertikai, berfriksi, dan akrab kembali, mencinta lagi.

Saya masih menyimpan keping perasaan tersebut melalui lagu ini. Lagu yang saya putar di sepanjang perjalanan di Selat Sunda menuju Lampung. Lagu yang terus saya putar di walkman sambil memandangi ombak yang menyentuh dinding kapal. Saya mencoba mengatakannya di dalam hati. Saya akan melewati masa suram ini. Saya pasti mampu melakukannya. Saya akan meraih kondisi bahagia lagi.

Walau tidak semulus yang diharapkan. Hidup memberikan jalan.

Saya mampu melewatinya. Kini saya menuliskannya dan meyakini bahwa kata-kata itu ampuh.

Sekadar untuk mengenang kembali. Ini lirik lagu favorit saya dari the Wallflowers yang diambil dari album Red Letter Days (2002).

How Good It Can Get
Oleh: The Wallflowers

Slow down
You’re breaking up
Use your words
Don’t yell so much
I don’t understand a word
That you’re saying
Now move in
Come up close
You look like
You’ve maybe seen a ghost
Tell me
Has someone gotten to you baby
Now open your arms
Pick up your head
Open your eyes
So you can see
What happens next

You won’t believe
Just how good it can get
We’ll make a lover
Out of you yet

The fog is so thick
I can’t see my hands
It got much worse
Soon as I got in
And I know you’re somewhere
Here in the water
It’s ten feet deep
And the river won’t stop
I’ll tell you what’s in it
When I make it across
You could make it too
If you let someone help you

But you gotta give in
And you gotta let go
Then you can begin
To come up slow
Like a desert rose


Take a deep breath
And hold it in tight
And put your face up
Right into the light
Can’t you feel that full moon
Shining down on you
Help is coming
From the great unknown
Just maybe not
When you needed it most
Cause’ I can see you already
Know that you’re leaving
But I wish you’d stay
And just let me in
Cause’ everything can change
But you gotta be ready
Cause’ you won’t know when

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...