Rabu, 01 Agustus 2012

Blur - Parklife (1994)

Blur - Parklife (2012)


Belakangan ini saya tidak memiliki ataupun mengakses album Indonesia yang manarik untuk ditakar, karena itulah saya kembali pada "selera" asal, band-band yang saya sukai pada awal 1990-an. Saya teringat dengan salah satu band yang mendefinsikan Britpop mulai pertengahan dekade 1990-an sampai dengan awal 2000-an, Blur. Ada tiga album Blur yang saya dengarkan dengan intens, yaitu Parklife (1994), the Great Escape (1995), dan Think Tank (2003). Semuanya bagus, namun Parklife-lah yang membuat saya terkesan. Album Blur utuh yang saya dengarkan adalah the Great Escape, namun Parklife yang saya dengarkan kemudian, sungguh membuat saya terhipnotis, apalagi dengan lagu To the End.

To the End pertama-kali saya dengar di album kompilasi Pop is Dead 1, kompilasi "aneh" yang menggabungkan beberapa lagu yang dimasukkan dalam genre alternatif yang memang baru muncul pada saat itu. Pada dekade 1990-an telinga pendengar musik muda memang dibentuk oleh genre ini di mana beragam musik baru muncul walau pada awalnya grunge cukup mendominasi. Aliran alternatif juga merambah band Indonesia sehingga banyak pula band yang terinspirasi olehnya. Uniknya, genre altenatif, karena berada dalam spektrum yang luas, mendorong lahirnya banyak band dengan sound unik, yang pada dekade kedua 2000-an ini terdengar sangat "mewah".

Mendengarkan kembali album ini saya juga teringat dengan polemik persaingan antara Blur dan Oasis yang mengemuka sejak kedua band ini populer. Media seringkali menggambarkan Damon Albarn, pentolan Blur, dengan Gallagher bersaudara, motor Oasis, bertikai bahkan pernah ada dalam situasi konflik terbuka. Namun hal tersebut ternyata hanya dilebih-lebihkan oleh media. Kedua band ini berelasi baik-baik saja. Bila kita lihat dari eksistensi dan karya-karya yang mereka hasilkan, terlihat Blur lebih unggul sekarang. Blur masih eksis dan sedang menyusun album baru, sementara Oasis sudah bubar dan dibarengi permusuhan antara Noel dan Liam Gallagher. Blur juga memproduksi album-album yang secara konsisten bagus sampai pada album terakhir mereka, Think Tank, yang menghasilkan hit Out of Time yang klipnya menimbulkan kontroversi karena bercerita tentang tentara perempuan Amerika di sebuah kapal induk.

Daftar lagu:
  1. Girls & Boys
  2. Tracy Jacks
  3. End of a Century
  4. Parklife
  5. Bank Holiday
  6. Badhead
  7. The Debt Collector
  8. Far Out
  9. To the End
  10. London Loves
  11. Trouble in the Message Centre
  12. Clover Over Dover
  13. Magic America
  14. Jubilee
  15. This Is a Low
  16. Lot 105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...