Jumat, 27 Juli 2012

Sonic Youth - Murray Street (2002)

Sonic Youth - Murray Street (2002)


Pengalaman pertama mendengarkan atau mengakses teks media dari band yang kita sukai itu seperti first love yang kata orang tak mudah mati. Band sebagai produsen teks memiliki karakter sendiri atas output atau pesan yang dihasilkannya. Seringkali kita tidak mendengar album pertama atas suatu band karena berbagai hal, misalnya saja usia kita dan usia band, problem akses, dan juga ketiadaan informasi. Akses saya atas salah satu band yang paling saya sukai, Sonic Youth, juga tidak langsung pada album pertama karena mereka pertama-kali merilis karya pada tahun 1982. Masa yang jauh dari masa di mana saya mulai menyukai musik populer sebagai sebentuk media. Juga karena disebabkan akses dan informasi yang ada ketika saya mulai menyukai musik rekaman.

Saya mulai menyukai Sonic Youth ketika pertama-kali mendengarkan mereka mengintrepetasi ulang lagu "Superstar" milik the Carpenters. Setelah itu saya mulai mencari kaset band ini namun tak pernah mendapatkannya. Akhirnya pada tahun 2002 saya mendapatkan dan mulai mendengarkan utuh album utuh dari Sonic Youth dan segera takjub dengan musik yang mereka hasilkan. Menurut saya album Murray Street  adalah pintu masuk yang bagus untuk mengenal Sonic Youth secara keseluruhan. Sejak album ini saya terus mendengarkan album-album berikutnya dari Sonic Youth dan juga melacak album-album mereka sebelum album ini.

Mengapa saya menyukai album ini dan juga pada akhirnya menyukai Sonic Youth adalah sesuatu yang jelas namun sulit menjabarkannya. Kita memang bisa menyukai dan mencintai sesuatu atau seseorang tanpa perlu menjelaskannya dengan terlalu panjang. Namun yang saya sukai dari album ini, dan juga album-album Sonic Youth yang lain, adalah musik yang mereka hasilkan kombinasi dari alternatif dan jazz. Mereka mengambil alur narasi musik tak biasa ala alternatif dan improvisasi penuh ala jazz. Ketujuh album ini mengandung sessi-sessi panjang gitar yang menarik dan lirik yang absurd, yang membuat saya tidak pernah mendengarkannya terus menerus.

Daftar lagu:
1. The Empty Page
2. Disconnection Notice
3. Rain on Tin
4. Karen Revisited
5. Radical Adults Lick Godhead Style
6. Plastic Sun
7. Sympathy For The Strawberry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...