Senin, 06 Mei 2013

Lana Nitibaskara - Spirit of Jazz (2011)

Lana Nitibaskara - Spirit of Jazz (2011)


Konten media untuk anak-anak sangat banyak belakangan ini, terutama untuk buku. Sayangnya tidak demikian adanya untuk musik populer. Konten media untuk anak pada musik populer tidaklah begitu banyak. Walau sedikit, untungnya, konten musik populer tersebut berkualitas bagus.

Fenomena ini paling tidak terlihat pada tiga album untuk anak yang saya amati, yaitu album Lana Nitibaskara, Spirit of Jazz (2011), Calista Amadea (2012), dan kompilasi luar biasa Di Atas Rata-rata (2013).
Kali ini kita membahas terlebih dahulu album yang pertama saya sebut. Album Lana Nitibaskara ini sebenarnya sudah cukup lama dirilis namun baru bisa saya akses tahun ini. Saya cukup banyak mendapatkan informasi mengenai album ini namun berulang-kali mengunjungi toko CD, album ini tak jua didapatkan.

Informasi yang berkisah tentang Lana cukup banyak dan semuanya memuji kualitas vokal dan album Lana tersebut. Sekilas saya juga melihat Lana tampil di sebuah stasiun televisi dan menyanyikan sebuah lagu secara live dan memang terlihat sangat bagus.

Keinginan untuk mengakses album Lana ini semakin kuat, apalagi ketika mendengar lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Lana pada dua OST, Ambilkan Bulan dan Upin & Ipin. Suara Lana memang bagus.
Akhirnya secara tak sengaja saya mendapatkan album ini ketika membeli album-album Indonesia lainnya karena mendengar perbincangan dua penjaga toko yang ingin mengembalikan album ini pada distributornya. 
Setelah mendengar informasi tersebut tanpa berpikir panjang saya beli album ini juga.

Ternyata saya tidak keliru. Kami sekeluarga, saya, anak perempuan saya dan ibunya, langsung sangat menyukai album ini. Kami ingat sekali berminggu-minggu album ini tak pernah lepas dari indera pendengaran kami, di rumah dan ketika berkendara, suara Lana yang ciamik menghiasi pendengaran kami.
Genre jazz yang dibawa di album ini begitu menyenangkan sekaligus mengenalkan anak kami pada genre yang katanya rumit di telinga ini. Anak saya bahkan dengan bahagia berhasil menyanyikan semua lagu di album ini dengan liukan vokal mirip dengan vokal Lana.

Lagu yang diramu dan dipilih di album ini juga sangat bagus walaupun terlalu sedikit. Lagu-lagu baru yang dinyanyikan memuat pesan yang cocok untuk anak-anak. Sementara itu, lagu-lagu lama yang dinyanyikan kembali terasa membawa kualitas bagus dan merupakan tafsir “segar” atas lagu versi aslinya. Lagu-lagu lama yang dinyanyikan adalah Cempaka Wangi, New York New York, dan Route 66, walaupun untuk lagu Cempaka Wangi, dua orang yang terhitung kakek dan nenek anak saya mengkritisi bahwa lagu tersebut penuh makna yang tak sesuai dinyanyikan oleh anak-anak.

Daftar lagu:
1. Anak Manja
2. Lagu untuk Mama
3. Oh Papa
4. Cempaka Wangi
5. Persahabatan
6. Route 66
7. New York, New York

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...