Senin, 05 Mei 2014

A-Ha - Minor Earth Major Sky (2000)

A-Ha - Minor Earth Major Sky (2000)


Album ini mirip dengan album karya Duran Duran yang dirilis pada tahun 1993, Duran Duran (Wedding Album) (1993), ikon 1980-an yang muncul kembali di dekade 1990-an dan 2000-an. Namun album keenam A-Ha ini lebih fenomenal karena mereka tujuh tahun berhibernasi dan tak berkarya sebagai sebuah band. Mereka tetap berkarya secara individual dalam proyek masing-masing. Sementara itu, Duran Duran hanya tiga tahun mengambil jeda.

Album ini relatif muncul dengan tiba-tiba, minimal bagi saya, karena tadinya saya mengira A-Ha sudah terhapus dari peta musik pop. Ternyata tidak. Mereka malah datang dengan format yang lebih modern dengan konten ala 1980-an. Saya ingat sekali album ini seperti anomali karena pada era rilisnya, banyak album britpop bagus muncul, juga alternatif yang waktu itu begitu meraja. A-Ha, yang pernah menjadi ekspor budaya pop dari Norwegia ini, tetap datang dengan ciri khasnya. Musik yang sedikit mendayu dan lirik yang lebih kontemplatif menjadi senjata mereka.

Lagu-lagu bagus seperti "Minor Earth Major Sky", "Velvet", "Summer Moved On", "The Sun Never Shone That Day", "I Wish I Cared", dan "You'll Never Get Over Me", tak mungkin terlupakan. Apalagi album ini menjadi teman perjalanan yang saya dengarkan terus dari Yogya-Pontianak, menemani aktivitas riset di sana. "Velvet" misalnya, sangat mengingatkan saya pada laut, sungai, dan Pontianak yang berkabut (dahulu tak begitu paham bila kabut itu ternyata asap yang melingkupi kota). "Velvet" juga unik karena lagu ini menjadi menghadirkan vokal perempuan dan mungkin satu-satunya lagu hit A-Ha yang berformat duet.

Daftar lagu:
1. Minor Earth Major Sky
2. Little Black Heart
3. Velvet
4. Summer Moved On
5. The Sun Never Shone That Day
6. To Let You Win
7. The Company Man
8. Thought That It was You
9. I Wish I Cared
10. Barely Hanging On
11. You'll Never Get Over Me
12. I Won't Forget Her
13. Marry Ellen Makes the Moment Count
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...