Selasa, 20 Mei 2014

U2 - All That You can't Leave Behind (2000)

U2 - All That You can't Leave Behind (2000)
Album ini adalah album U2 yang paling "manis" dan mudah diterima. Jauh berbeda dengan album sebelumnya yang benar-benar eksperimental, Pop (1997). Termasuk album yang sangat sukses di angka penjualan namun menurut saya tak sukses memberikan dampak seperti album-album lain, semisal the Joshua Tree (1987) dan Achtung Baby (1991).

Lagu-lagu di album ini sekali lagi mengingatkan saya pada tempat baru, suasana pantai, dan optimisme pada hidup, terutama lagu "Beautiful Day" dan "Walk on". Sama seperti album-album di era ini, MTV memainkan peran penting untuk memperluas pendengar lagu, dan mungkin juga album. "Beautiful Day" misalnya, karena sering diputar, banyak penyuka U2 baru yang lahir. Penyuka yang lebih awal mungkin tetap suka karena sudah menjadi pendengar U2 dan tumbuh bersama lagu-lagu mereka.

Hal yang juga menarik adalah hadirnya lagu "The Ground Beneath Her Feet" dalam album ini, yang hadir dalam album versi tertentu. Lagu ini merupakan salah satu lagu dari OST Million Dollar Hotel yang juga dirilis pada tahun yang sama dengan album ini. Latar belakang album ini tak dimunculkan di Indonesia, terutama bila diputar di radio karena lagu ini ditujukan untuk Salman Rushdie, yang sebelumnya mendapatkan kritis keras dari para pemimpin muslim di seluruh dunia.  

Daftar lagu:
1. Beautiful Day
2. Stuck in A Moment You can't Get out of
3. Elevation
4. Walk on
5. Kite
6. In A Little While
7. Wild Honey
8. Peace on Earth
9. When I Look at the World
10. New York
11. Grace
12. The Ground Beneath Her Feet
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...