Selasa, 17 April 2012

VA - Bebi Romeo Mega Hits (2012)



*Belajar Ekonomi Politik Media - Kasus 3*

Ekonomi politik media dalam pengertiannya yang paling luas adalah kajian cara institusi media mengontrol sumberdaya dan bertahan hidup dan menjalankan aktivitas komunikatifnya. Melalui definisi ini bisa kita lihat cara industri musik populer di Indonesia bertahan hidup di tengah kondisi yang terus menekan. Kondisi yang paling menekan itu adalah diabaikannya penegakan hak cipta dan hak intelektual dengan maraknya pembajakan di mana-mana di seluruh pelosok Indonesia. Mungkin hanya di Indonesia yang pemerintahnya mencanangkan ekonomi kreatif tetapi membiarkan album-album musik bajakan, juga film, game, dan program komputer, dijual di mana-mana, bahkan di mal-mal besar dan pameran pembangunan yang diselenggarakan pemerintah sendiri.

Insan musik populer di Indonesia sesaat menemukan cara yang dianggap sebagai jalan keluar untuk keluar dari kondisi yang karut marut, yaitu dengan penjualan RBT melalui industri telekomunikasi. Sayangnya, cara inipun kemudian terpaksa ditinggalkan karena maraknya pencurian pulsa melalui layanan premium seluler. Penjualan RBT kemudian bukan lagi dilihat sebagai cara untuk terus "bertahan hidup" walau sejak awal penjualan RBT sendiri telah menimbulkan polemik. Akhirnya cara lain yang ditempuh, pendapatan pelaku musi populer melalui performance terus digeber dan satu cara lain "ditemukan", bekerja sama dengan distributor yang bukan berasal dari industri musik rekaman. Dua jalur distribusi yang kini dikenal adalah melalui gerai makanan cepat saji dan jaringan minimarket.

Dua jalur distribusi inilah yang persis digunakan oleh Bebi Romeo dan timnya. Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, muncul dua album yang berjudul Bebi Romeo Mega Hits yang didistribusikan oleh Alfamart dan Bebi Romeo mengggunakan jalur distribusi KFC (Kentucky Fried Chicken). Sebelumnya album tribute KLa Project bisa dinyatakan berhasil ketika menggunakan jalur distribusi Indomaret, juga dengan beberapa penyanyi yang menggunakan jalur KFC, semisal Agnes Monica dan Opick, sehingga lahirlah apa yang dikenal sebagai "penyanyi ayam goreng".

Dari sudut pandang ekonomi politik media, hal ini sah-sah saja asalkan kepentingan publik atau masyarakat tetap didahulukan dan pemerintah tidak abai terhadap kondisi kemediaan yang ada. Kenyataannya, industri musik populer masih tetap tidak ditopang oleh regulasi dan implementasinya yang masih jauh dari kata memadai. Pada titik ini bisa dikatakan aktivitas ekonomi politik ketiga, strukturasi, termanifestasi dengan baik. "Agen-agen" di dalam industri musik rekaman mendapatkan strategi untuk mengelola sumberdaya dengan lebih baik sekaligus bisa bertahan untuk hidup lebih lama. "Struktur" produksi, distribusi, dan konsumsi yang baru sudah muncul dan dimanfaatkan dengan lebih baik. Tinggal filsafat moral  dari aktivitas di bidang musik populer yang mestinya semakin diwujudkan. Karena cara baru sudah ditemukan dan penjualan album secara nyata dan potensil meningkat lagi, para pelakunya kemudian menggunakan formula yang relatif sama, menyanyikan lagu-lagu lama yang sudah dikenal masyarakat pendengar sekaligus menghemat biaya produksi. Bila cara semacam ini terus berlangsung, kemungkinan besar musik Indonesia tidak menjadi lebih baik atau malah mundur kembali ke belakang: produk musik rekaman semata-mata hanya komoditas yang tidak berkualitas.

Daftar Lagu album VA - Bebi Romeo Mega Hits (2012)
1. Krisdayanti - Pernah Denganmu
2. Faby feat. Alfred Wa - Belum Waktunya
3. Yasmine Wildblood - Patah Hati
4. 7 Icons - Cinta Cuma Satu
5. Hercules - Lelaki Untukmu
6. Marshanda - Beri Aku Cinta
7. Afgan - Bunga Terakhir
8. Fantastica - Sendiri
9. Indah Dewi Pertiwi - Jangan Sedih
10. Andi Rianto Magenta Orchestra - Bunga Terakhir (Orchestra)



Daftar lagu album VA - Bebi Romeo (2011)
1. Ahmad Dhani - Sadis
2. The Virgin - Selamat Jalan Kekasih
3. Antik - Cinta Sejati
4. Mulan Jameela - Mencintaimu
5. Smash - Cinta Kau dan Dia
6. Elven - Selama Kau Mau
7. Juliette - Perbedaan
8. Hercules - Lelaki Untukmu
9. Donita - Hambar
10. Adha Rezza feat. Ahmad Dhani - Selingkuh Lagi
11. Marshanda - Taubat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...