Rabu, 11 Juli 2012

Ariel Uki Lukman Reza David - Suara Lainnya (2012)

Ariel Uki Lukman Reza David - Suara Lainnya (2012)
Album ini sudah cukup lama berada di barisan koleksi saya. Awalnya saya tidak tergerak untuk menakar atau mereviewnya namun setelah melihat resensi teman yang bagus di http://warungmasjaki.wordpress.com/2012/06/20/peterpan-yang-lain/ saya jadi tergerak untuk mereview juga walaupun lebih singkat, apalagi ketika lagu Cobalah Mengerti dinyanyikan salah satu kontestan Indonesian Idol yang jadi lebih bagus sekian kali. Semua lagu di album ini mengingatkan bahwa mereka masih besar walau sedang bermasalah dengan nama.

Sungguh nama band dengan nama lengkap seperti Ariel Uki Lukman Reza David ini sangatlah aneh dan tidak keren. Pilihan nama band mereka dulu, Peterpan, sungguh juga langkah yang bagus mengingat metafor nama itu yang coba berada dalam kemudaan selamanya. Semoga mereka menemukan nama baru dengan lebih baik. Walau Shakespeare berkata apalah arti sebuah nama, namun nama yang tepat dalam menangkap substansi sebuah kelompok dan visi bersama tetaplah elemen terpenting.

Makna Suara Lainnya sebenarnya ingin menunjukkan bahwa kumpulan ini memiliki karakter lain, sedikit berbeda dengan karakter aslinya. Walau justru menegaskan bahwa aktor utama adalah sang vokalis dan sisa personilnya merupakan yang "lain". Secara mengejutkan album ini terdengar berbeda dan lebih segar dari yang pernah ditawarkan oleh Peterpan. Semua lagu instrumental di album ini bagus, terutama Sahabat yang menggunakan suara seruling untuk menambah kesan sepi, Walau Habis Terang yang menggunakan taktik jazz, dan Langit Tak Mendengar yang bernuansa bossanova. Saya hanya heran mereka tidak melakukannya sejak dulu untuk karya-karya mereka.

Daftar lagu:
1. Di Atas Normal
2. Cobalah Mengerti
3. Kota Mati
4. Sahabat
5. Walau Habis Terang
6. Di Belakangku
7. Melawan Dunia
8. Langit Tak Mendengar
9. Taman Langit
10. Bintang di Surga
11. Dara (Bonus Track)

2 komentar:

  1. "Walau Shakespeare berkata apalah arti sebuah nama, namun nama yang tepat dalam menangkap substansi sebuah kelompok dan visi bersama tetaplah elemen terpenting..."

    Ya inilah yang jadi pertanyaan untuk band dengan nama seperti: Asbak, Salju, Govinda, Merpati....hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau Pemud* Idama* Jak, kan cd-nya hampir kau beli di Duta Suara jalan Sabang :D

      Hapus

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...