Sabtu, 12 Maret 2011

Lagu Tema James Bond


Kumpulan lagu atau album memang berfungsi untuk memberkas kenangan. Berbagai kenangan akan tersimpan dengan baik di dalam tiap lagu yang personal dan selalu menunggu untuk diakses kembali. Hal yang lain adalah mengakses bersama kemudian membincangkannya lebih mengasyikkan daripada hanya mendengarkan dan memaknainya sendirian. Itulah yang terjadi ketika saya mengakses atau mendengarkan lagu-lagu tema James Bond. Semua lagu tema utama film James Bond itu memberkas banyak kenangan. Lagu-lagu tema James Bond semakin asyik didengar-dengarkan ketika kita memaknainya bersama rekan-rekan. Itulah sebabnya mendengarkan lagu-lagu tema James Bond. Saya dan tiga rekan membincangkan lagu-lagu James Bond tersebut dengan antusias, lagu apa yang disukai oleh masing-masing, adegan yang diingat dalam beberapa film James Bond ketika lagu-lagu tersebut muncul, dan perbandingan imaji tiap aktor yang pernah membintangi James Bond.

Ketika membicarakannya dengan rekan-rekan itulah saya teringat dengan beberapa hal yang saya maknai dan tahu, yang mungkin tidak pernah terungkap dari beberapa sumber lain. Lagu-lagu James Bond yang paling saya suka adalah yang berasal dari a-ha dan Duran Duran. Kelihatanlah saya ini produk tahun 1980-an. Lagu yang dinyanyikan oleh a-ha adalah “the Living Daylights”, yang berjudul sama dengan filmnya. Film ini menjadi film James Bond yang paling saya sukai. Lagu lain yang berasal dari film James Bond yang saya paling suka dinyanyikan oleh Duran Duran yang berjudul “A View to A Kill”. Lagu ini sekaligus menjadi lagu tema James Bond yang menduduki chart paling tinggi di tangga lagu di Inggris dan Amerika Serikat. Mungkin pada masanya, lagu ini berada dalam pusat popularitas Duran Duran yang sangat populer pada pertengahan dekade 1980-an.

Hal lain yang unik berkaitan dengan lagu tema James Bond adalah lagu “Goldeneye” yang dinyanyikan oleh Tina Turner. Pertama-kali mendengarkan lagu ini saya merasakan sekali “aura” U2, dan ternyata benar. Lagu ini diciptakan oleh Bono dan the Edge. Lagu “Goldeneye” awalnya akan dinyanyikan oleh U2 secara langsung namun tidak jadi. U2 tidak jadi menyanyikannya karena waktunya sangat berdekatan dengan lagu mereka yang menjadi lagu tema untuk film “Batman Forever”, “Hold Me, Thrill Me, Kiss Me, Kill Me”. Rupanya mereka memperhitungkan juga kehadiran mereka di telinga penyuka musik. Sayangnya sumber informasinya tidak saya catat padahal saya membaca informasi tersebut berkali-kali. Informasi ini sekaligus menunjukkan bahwa kehadiran lagu U2 di telinga pendengar diperhitungkan sekali oleh mereka. Kuncinya adalah jangan sampai pendengar bosan dengan kehadiran mereka terlalu sering.

Hal terakhir yang juga unik berkaitan dengan lagu tema James Bond berhubungan dengan salah satu band favorit saya yang lain, Pet Shop Boys. Duo tersebut sangat mengharapkan lagu mereka terpilih menjadi lagu tema James Bond, apalagi mereka pernah diminta secara informal, sampai-sampai mereka membuat lagu bernuansa James Bond yang berjudul “This Must Be the Place I Waited Years to Leave”. Entah serius atau tidak hal ini terungkap dalam booklet yang mereka tulis dalam album “Behaviour” (1990) versi “Further Listening”. Mereka menanti dan menanti namun lagu mereka tidak pernah terpilih menjadi lagu tema James Bond. Lagu tersebut kemungkinan tidak sejalan dengan citra James Bond walau menurut saya lagu ini adalah lagu yang bagus di dalam album yang bagus pula.

Demikianlah hal-hal tak penting berkaitan dengan pemaknaan lagu-lagu James Bond yang saya rasakan bersama teman-teman (mereka saya taut, ditambah dua rekan lain). Banyak hal yang bisa kita dapat dengan mendengarkan, membincangkan, dan mendokumentasikan lagu, antara lain lagu-lagu tema James Bond ini. Mendengarkan lagu, memberkasnya dalam kenangan atau sebaliknya, memberkas kenangan dalam lagu, memaknainya, sendirian atau bersama-sama, menjadikan kita kasmaran pada hidup dan hal-hal lain yang mungkin belum terungkap bahkan oleh diri kita sendiri.

*******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...