Kamis, 19 Januari 2012

Suara Emas Sang Juara


Album musik untuk anak-anak memang barang langka di negeri ini. Sedih juga sebenarnya melihat anak-anak sekarang masih mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi lama semisal Tri Kwek Kwek, Sherina, dan Tasya. Sedih karena penyanyinya saja sudah pada beranjak dewasa. Kondisi langkanya album musik untuk anak-anak juga semakin menyedihkan mengingat industri musik populer di tanah air belakangan ini menggeliat pesat karena hausnya masyarakat kita dengan musik. Walau begitu, ada juga hal yang menggembirakan, album musik untuk anak-anak seringkali berkualitas bagus walaupun sangat jarang diproduksi.


Contohnya adalah album "Suara Emas Sang Juara" ini. Terus terang, saya mendapatkan album ini agak terlambat karena album ini dirilis tahun 2010 dan menjadi album anak terbaik pada tahun tersebut versi Akademi Musik Indonesia (AMI). Lagu-lagu yang muncul di album ini sebenarnya sebagian besar adalah lagu-lagu lama yang sudah sering dinyanyikan. Kenyataan ini memunculkan fakta lain bahwa selain jarang diproduksi menjadi album, lagu-lagu anak memang jarang diciptakan sehingga lagu-lagu itu seringkali dinyanyikan kembali. Walau kebanyakan lagu lama, album ini tetaplah album yang sangat menarik karena lagu-lagu tersebut diaransemen oleh Elfa Secioria yang merupakan salah satu empu musik Indonesia. Kemungkinan besar album ini adalah salah satu karya terakhir Elfa karena beliau meninggal pada awal tahun 2011. Tiga lagu baru yang khusus diciptakan untuk album ini pun merupakan lagu yang  bagus, yaitu "Mengantar Rambutan", "Kembali ke Sekolah II", dan "Mama, Aku Ingin Pulang". Lagu "Mengantar Rambutan" misalnya, berkisah tentang pengalaman biasa dua orang anak yang khas dunia anak-anak. "Kembali ke Sekolah II" juga demikian maknanya namun tampil lebih megah dan berbicara hal yang sangat ideal. Lagu "Mama, Aku Ingin Pulang" adalah lagu sedih namun tetap sebuah lagu yang sangat bagus.

Selain itu, para penyanyi di album ini benar-benar bersuara emas. Mungkin karena para penyanyi dihasilkan dari kontes menyanyi bernama festival vocal group Indomaret. Jaringan minimarket ini pula yang menjadi jaringan distributor dari album bagus ini. Pada titik distribusi inilah album ini mendapatkan kelemahannya, kemungkinan banyak pendengar potensial tidak terjangkau karena Indomaret tidak ada di banyak wilayah Indonesia. Cara lebih baik agar album ini bisa lebih banyak didengar oleh anak Indonesia adalah pemerintah membantu biaya produksi ulang dan mendistribusikannya ke kampung-kampung dan sekolah-sekolah dengan gratis. Menurut saya, album ini juga layak masuk ke sekolah, tidak hanya format pesan berbentuk buku, apalagi buku-buku pengayaan pelajaran yang tidak jelas.

Daftar lagu:
1. Joyful Kids - Mengantar Rambutan
2. Joyful Kids - Makan Jangan Bersuara
3. Fortunate Kids - Menanam Jagung
4. Joyful Kids - Burung Hantu
5. Fortunate Kids - Kembali ke Sekolah II
6. Ashira Brothers - Burung Berkicau
7. Fortunate Kids & Joyful Kids - Kapal Api
8. Fortunate Kids & Joyful Kids - Naik Delman
9. Fortunate Kids & Joyful Kids - Hai Beca
10. Fortunate Kids - Aku Anak Gembala
11. Fortunate Kids - Lagu Gembira
12. Fortunate Kids - Ibu Guru Kami
13. The Ladies - Mama, Aku Ingin Pulang
14. Desi Tahmila Elfa - Mama, Aku Ingin Pulang

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Maaf sekali, saya juga sudah lupa persisnya. Saya hanya ingat membelinya di Malioboro Mall, Yogya. Hanya ada dua toko CD di situ, Bulletin dan Duta Suara. Keduanya sudah tutup sekarang

      Hapus

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...