Kamis, 19 Januari 2012

Tulus - Tulus (2011)

Merdu dan Tulus Bernyanyi



Sudah lama saya antuasias mendengar album Indonesia. Entahlah, rasanya belum ada sesuatu yang baru menggugah saya untuk mendengarkan sebuah album secara mendalam. Tetapi tiga hari yang lalu saya mendapatkan album ini secara tak sengaja. Maklumlah, toko CD tidak bisa kita andalkan untuk mendapatkan album Indonesia secara cepat mengingat toko CD juga berhitung sekali menjual CD yang tidak jelas laku atau tidak. Sore itu dalam kunjungan rutin yang tidak dipenuhi harapan saya mendapatkan album Tulus ini. Sebelumnya saya mendapatkan informasi dari majalah Rollingstone tentang album perdana penyanyi bernama Muhammad Tulus ini. RSI meresensi dan menyimpulkan album ini bagus. Saya juga berkesimpulan sama. Album yang lebih dari bagus.

Tulus bernyanyi dengan tulus. Dikombinasi dengan suaranya yang memang enak didengar kita akan mudah menyukai album ini. Lirik lagu di album ini cukup bagus, berbicara tentang hal-hal umum dalam relasi cinta tetapi tidak terdengar klise apalagi banal. Lagu yang paling menarik untuk disimak menurut saya adalah "Sewindu" dalam dua versinya. Dua lagu yang sama namun liriknya sedikit berbeda. Lirik kedua lagu seperti bernarasi tentang perjalanan kisah cinta dua orang yang pupus pada akhirnya. Mungkin kisah cinta bertepuk sebelah tangan, mungkin juga hidup pada akhirnya mengikis rasa yang mereka miliki.

Lagu-lagu di album ini tidak melulu bicara tentang cinta dalam formatnya yang paling biasa. Ada juga lagu yang bicara relasi sosial yang umum seperti tergambar dalam lagu "Diorama". Hal yang mirip dengan lagu "Tuan Nona Kesepian" yang bicara tentang manusia kota lelaki dan perempuan yang bingung untuk berelasi secara biasa karena kehidupan urban yang penuh dengan pencitraan personal. Lagu-lagu lain enak pula untuk didengar walau liriknya tidak memberikan pencerahan terutama karena suara Tulus memang merdu dan Tulus bernyanyi dengan tulus, tanpa beban, berusaha merdu untuk semua pendengarnya.

Daftar lagu:
1. Merdu Untukmu (Intro)
2. Teman Pesta
3. Kisah Sebentar
4. Sewindu
5. Diorama (Studio Live)
6. Tuan Nona Kesepian
7. Jatuh Cinta
8. Teman Hidup
9. Sewindu (Rhodes Version)
10. Merdu Untukmu (Outro)

1 komentar:

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...