Selasa, 21 Februari 2012

LLW - Love Life Wisdom

Album ketiga yang agak terlambat saya dengarkan dan ternyata bagus dari tahun 2011 kemarin adalah album LLW, "Love Life Wisdom". Album ini berjudul sejalan dengan singkatan nama belakang tiga pemusik yang menciptakan album ini, (Indra) Lesmana, (Barry) Likumahuwa, dan (Sandy) Winarta. Saya bukanlah pecinta jazz sejati namun setelah mendengarkan album ini ada semacam optimisme, bukan karena pada teks yang ditawarkan lewat ketujuh lagu, namun lebih pada kolaborasi penghasil teks dan output yang dihasilkan.

Mengenai kolaborasi penghasil teks, musik rekaman atau musik populer adalah yang paling cair dan dinamis dibandingkan dengan teks media yang lain, semisal film dan game. Para penghasil teks dapat berkolaborasi dengan relatif bebas dan menghasilkan "line-up" yang variatif. Indra Lesmana misalnya, bisa hadir pada beberapa tim penghasil teks atau band dengan output karya yang berbeda-beda.

Ketujuh lagu yang muncul di album ini juga tidak ada yang membosankan, kecuali lagu "Love Life Wisdom" yang muncul sampai dua kali, yang sedikit membosankan karena tidak ada perbedaan yang signifikan antara "Love Life Wisdom" versi pendek dengan versi panjang. Lima lagu yang lain adalah lagu-lagu bagus yang enak didengarkan sembari menjalani hari yang berat. Kehadiran vokal Dira Sugandi di lagu "Love Life Wisdom" adalah hal yang paling mengasyikkan di album ini, juga untaian nama para maestro jazz Indonesia di lagu "Strecth N Pause" dalam format rap yang enak didengar sekaligus memberikan informasi, apalagi kita baru saja kehilangan maestro piano, Bubi Chen. Lagu ini bisa menjadi sarana untuk mengenang beliau.

Daftar lagu:
1. Back Into Sumthin
2. Stretch N Pause (feat. Kyriz Boogimen, DJ Cream, Indra Aziz)
3. Morning Spirit
4. Smooth Over the Rough
5. Friday Call
6. Love Life Wisdom (feat. Dira Sugandi)
7. Love Life Wisdom (Extended Version) (feat. Dira Sugandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...