Rabu, 24 November 2010

Bohemian Like You


Tidak ada kenangan spesifik atas lagu ini. Kenangan umum saja atas suasana dekade akhir 1990-an dan awal 2000-an ketika masih ada program acara "Alternative Nation" di MTV, yang waktu itu pun masih menumpang di dua stasiun televisi Indonesia. Acara itu seringkali memunculkan lagu-lagu "antah berantah" namun bagus. Berbagai lagu yang benar-benar menjadi alternatif pilihan dari lagu top 40 yang diputar di radio siaran, media utama anak muda pada waktu itu. Saya "menemukan" lagu-lagu yang termasuk dalam genre alterantif di acara ini walau sebenarnya label alternatif itu cukup aneh karena memasukkan semua jenis lagu di luar pop dan disco ke genre ini. Jangan heran, pada waktu itu Spin Doctor bisa bertemu dengan Blur, Oasis dikombinasi dengan John Mayer di acara itu. Lagu "Bohemian Like You" saya ketahui secara tak sengaja pada suatu siang ketika tak ada pekerjaan. Atau sebenarnya menonton televisi adalah pekerjaan juga?



Klip yang bebas habis dan saya tetap tak habis pikir mengapa dulu itu bisa disiarkan di televisi nasional pada siang hari. Klipnya tetap disensor (seadanya), namun prinsip kebebasan khas "kaum bohemian" tetap tergambar jelas di lagu ini. Seperti apa sebenarnya bohemian itu? tidak ada yang tahu persis, namun biasanya istilah bohemian dioposisi-binerkan dengan borjuis. Namun mendefinisikan kaum borjuis pun tak mudah. Di dalam oposisi biner biasanya sifat yang satu akan menihilkan sifat yang lain, ada sifat yang keren di bohemian akan membuat sifat jayus di borjuis. Menariknya, hampir tak bisa bila berlaku sebaliknya. Itulah sebabnya kebanyakan orang ingin menjadi bohemian, yang bebas nan inspiratif. Orang tidak ingin menjadi borjuis karena kaku dan serba penuh perhitungan.



Namun saya menganut dualitas, bukan dualisme seperti yang termaktub di opiisis biner. Pada dasarnya kita punya potensi baik dan buruk pada diri, seperti halnya kita punya sifat bohemian dan borjuis sekaligus. Karena itulah saya lebih menyenangi sebutan "kaum bobos" untuk kita sekarang, yang merupakan campuran dari sifat bohemian dan borjuis dalam diri. Mungkin bohemian sepenuhnya hanya ada di lagu dari the Dandy Warhols ini. Lagu ini termasuk satu dari tiga belas lagu bagus di album "Thirteen Tales from Urban Bohemia", album ketiga the Dandy Warhols yang dirilis pada tahun 2000. Untuk apa ingin menjadi bohemian bila diri sendiri sebenarnya berpotensi menjadi bohemian. Tinggal mengeluarkannya saja, tinggal membebaskannya saja... :)



"Bohemian Like You"

oleh the Dandy Warhols



You got a great car.

Yeah, what's wrong with it today?

I used to have one too,

Maybe I'll come and have a look.

I really love your hairdo, yeah.

I'm glad you like mine too,

See we're looking pretty cool.

Getcha!



So what do you do?

Oh yeah, I wait tables too.

No I haven't heard your band

Cause you guys are pretty new.

But if you dig on Vegan food.

Well come over to my work

I'll have them cook you something that you'll really love.



Cause I like you,

Yeah I like you.

And I'm feeling so Bohemian like you,

Yeah I like you, Yeah I like you,

And I feel wahoo, wahoo, wahoo!



Wait. Who's that guy just hanging at your pad?

He's lookin' kinda bummed.

Yeah you broke up that's too bad.

I guess it's fair if he always pays the rent

And he doesn't get all bent

About sleepin' on the couch when I'm there.



Cause I like you,

Yeah I like you.

And I'm feeling so Bohemian like you.

Yeah I like you.

Yeah I like you

And I feel wahoo, wahoo, wahoo!



I'm getting wise

And I feel so bohemian like you.

It's you that I want so please,

Just a casual, casual easy thing.

Is it? It is for me



And I like you

Yeah I like you

And I like you,

I like you,

I like you,

Yeah I like you.

And I feel wahoo, wahoo, wahoo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...