Selasa, 30 November 2010

Sugar Kane


Pagi ini dia kehilangan orientasi hasrat dirinya sendiri: menjalani saja hidup ataukah berfokus pada orang-orang yang dicintainya. Walau begitu, ada juga kesamaannya. Apa pun orientasi hasratnya, dan juga fokus rasionya, yang dia tahu hari ini dia akan menyusuri hidup dengan berapi-api, taktis dan bebas, seperti Sonic Youth. Sonic Youth adalah salah satu band favoritnya. Seperti keberagaman manusia-manusia lain yang ada di sekitar dirinya, Sonic Youth membawa nuansa unik dan tak bisa diberikan oleh band-band lain. Dia pun masih tidak habis mengerti mengapa Sonic Youth masih terus dibandingkan dengan Nirvana, Pearl Jam, dan Soundgarden, karena pada kenyataannya mereka berbeda. Apa karena berasal dari satu angkatan yang sama, mereka menjadi sama? tidak sama sekali. Semuanya bagus, semuanya unik, namun Sonic Youth-lah yang paling membuatnya kagum.



Semua album Sonic Youth berkelas sangat bagus, namun memang empat album terakhir yang paling diakrabinya. Sonic Youth menjadi teman di kala suntuk walau tak jarang mengundang dan membawa pada kesuntukan baru, dalam pengertian konstruktif. Kesuntukan, kebingungan, dan rasa bebas berekspresi itulah yang kemudian membuka lagi "stabilitas" hidup dan akan membawa lagi pada "teman-teman" baik yang biasanya, U2, Pearl Jam, Manic Street Preachers, juga serombongan band 1980-an. Selalu diperlukan teman-teman unik yang keluar dari kebiasaan kita di dalam hidup. Atau bila semua teman unik, jenis keunikan yang di bawa oleh Sonic Youth, tetaplah diperlukan.



Dia tidak tahu mesti menulis apa lagi. Hidup akan terus memberikan kejutan demi kejutan yang menyenangkan dan juga yang menyusahkan. Mengapa harus berpikir susah-susah, hadapi saja semuanya dengan berapi-api, dengan berani. Sementara ini dia hanya terus mengikuti musik yang dibawakan oleh Sonic Youth di lagu "Sugar Kane". Salah satu lagu yang termaktub di dalam album mereka tahun 1992, "Dirty". Dia tahu dia sangat akrab dengan empat album terakhir Sonic Youth, "Murray Street" (2002) sampai album "the Eternal" (2009), namun dia ingin mengenali lebih mendalam semua album mereka yang lain, terutama album "Dirty" yang secara mengejutkan bagus sekali, dan sesuai dengan situasi dirinya sekarang: jalani saja hidup dengan berapi-api dan bebas berekspresi, jangan terlalu mementingkan manusia-manusia lain, apalagi yang memang nyata-nyata tidak menyukainya. Hidup tak melulu tentang teman, tetapi juga sesekali tentang musuh dan "misuh" :) ... inilah mungkin yang dikamsud dengan "gula-gulanya" hidup.



Bagi yang suka dengan lagu ini dan juga dengan Sonic Youth, silakan menyanyi bersama dan menghayati lagu ini, dan juga album "Dirty"....



Sugar Kane

oleh Sonic Youth



You're perfect in the way, a perfect end today

You're burning out their lights, and burning in their eyes

I love you Sugar Kane, a-comin' from the rain

Oh kiss me like a frog, and turn me into flame

I love you all the time, I need you 8 to 9

And I can stay all night, your body shining



And I knowThere's something down there sugar soul

Back to the cross a twisted lane

There something down there sugar kane



I'm back again in love, I'm back again a dove

Where'd you get your light, your smilin' sugar life

Another lovers day, another cracked up night

Every night I say, the light is coming



And I know

There's something down there sugar cone

Back to the cross a twisted lane

There's something down there sugar kane



Hey angel come and play, and fly me away

A stroll along the beach, until you're out of time

I love you sugar kane, a crack into the dream

I love you sugar kane, I love you sugar kane

I love you sugar kane, I love you sugar kane

I love you sugar kane, I love you sugar

1 komentar:

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...