Selasa, 01 Mei 2012

Fable - Fable (2012)



Fabel adalah dongeng tentang kehidupan manusia yang disampaikan oleh karakter binatang atau makhluk rekaan. Keberhasilan grup ini merilis album kabarnya setelah belasan tahun juga merupakan "dongeng". Walau diproduksi dalam waktu yang panjang, hasilnya oke sekali. Menurut saya ini album yang bagus karena lagu-lagunya tidak beragam dan tidak membosankan. Entah mengapa saya ingat dengan suasana 1990-an kala musik begitu variatif dan belum lahir era musik menye-menye dan boys-girls band modal joget.

Indikasi terkuat bahwa album ini bagus adalah saya belum berhenti mendengarkannya di perkakas pemutar musik, mungkin sudah sekitar dua puluh kali. Bersama album terbaru Fariz RM, Fenomena, album ini sekitar seminggu saya dengarkan terus tanpa ada rasa bosan. Sebagian besar lagu di album ini bicara tentang kegundahan eksistensialis, hal ini juga sepertinya yang membuat mereka lama bisa menghasilkan album. Hal ini tercatat paling tidak hadir di lagu Ta'ada yang Gelap, Duri, dan Rayakan. Eksistensialisme hadir dalam bentuknya yang lumayan konstruktif, misalnya saja petikan lirik berikut ini: terkadang pahit, harus kutelan...harus kuterjang, jernihkan hati, sembuhkan dari segala luka, oh...rayakan hidupmu...hadapi cobaan. Nukilan lirik ini menunjukkan bahwa merayakan hidup itu berarti juga menerima semua konsekuensinya dengan berani. Saya kira potongan lirik ini lebih baik dari kebanyakan pesan motivasional yang banyak muncul di media belakangan ini yang cenderung menepikan hal-hal tak "enak" dalam hidup sehari-hari.

Lagu-lagu yang bertema cinta juga disampaikan dengan cara tak biasa. Hal ini terlihat dari lirik lagu Hollow,... bawalah ke surgamu, janjikan aku...tempat yang indah, ke neraka manapun...ku kan temanimu, asalkan engkau...bersamaku. Setahu saya belum pernah ada lagu berbahasa Indonesia yang merelasikan neraka (kalau surga sih sering) dengan cinta. Melampaui semua pemaknaan ini, saya kira yang terpenting adalah bagaimana kita menemukan "dongeng" kita sendiri dalam hidup. Dongeng yang personal dan indah, dan semoga ada kalimat seperti ini: ....dan bahagia selama-lamanya....

Daftar lagu:
1. Bahagia yang Hilang
2. Hollow
3. Tak Mungkin
4. Duri
5. Percuma
6. Biru Laut
7. Coffee
8. Enyah
9. Ta' Ada yang Gelap (Remastered)
10. Rayakan
11. hidden track

4 komentar:

  1. Fable nih band seangkatan Padi, Cokelat, di kompilasi Indie Ten...13 taun silam

    BalasHapus
  2. iya bung Jaki. Kebetulan era itu saya belum terlalu menyimak musik Indonesia :D

    BalasHapus
  3. Lagu Fable Tak ada yang gelap pernah dinyanyikan oleh seurieus band waktu itu di MTV mungkin ada teman2 yang masih ingat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? mari kita cari di Youtube. Semoga ada :D

      Hapus

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...