Minggu, 29 Agustus 2010

Pertunjukan Sesungguhnya telah Dimulai


Dua hari ini pembagian grup dua kejuaran antarklub Eropa telah selesai diundi. Memang pertandingan-pertandingan kualifikasi keduanya telah dimulai sekitar sebulan yang lalu. Tak lama setelah Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berakhir pertandingan sepakbola di Eropa, yaitu kualifikasi antarklub dimulai kembali. Tak lama kemudian pertandingan internasional antar negara juga dimulai. Walau ada keluhan dari beberapa manajer mengenai bentroknya jadwal antara jadwal pra-musim dan internasional, secara umum penjadwalan sepakbola untuk Eropa telah tertata sangat baik.



Secara umum peliputan sepakbola klub Eropa oleh media kita juga gegap gempita. Sayangnya, prinsip jurnalistik terkadang tidak terimplemenatsi sepenuhnya, misalnya saga transfer pemain lebih menyoroti masalah harganya, bukan aspek karakter permainan si pemain. Beberapa informasi penting, misalnya kebijakan implementasi home-grown player di liga Inggris yang sebenarnya sudah ditetapkan tahun lalu, bukan karena penampilan Inggris yang jemblok di Piala Dunia. Orang yang memainkan game komputer Football Manager pasti sudah tahu tentang kebijakan tersebut. Begitu juga dengan kebijakan di liga-liga Eropa yang lain, misalnya pembatasan pemain non-Eropa di Spanyol dan Italia yang berbeda.



Di luar itu semua, secara umum peliputan sepakbola musim terbaru ini ramai sekali. Mungkin karena sisa euforia Piala Dunia yang belum hilang. Pertandingan-pertandingan pra-musim yang cukup banyak disiarkan televisi. Penikmat sepakbola juga disuguhi saga transfer dengan lebih lengkap. Informasi mengenai transfer menjadi begitu penting beberapa tahun terakhir karena ternyata strategi transfer termasuk strategi "emas" untuk mendapatkan trofi, kecuali pada Real Madrid pra-Mourinho.



Agar saya sendiri tidak lupa dengan informasi pembagian grup untuk kompetisi antarklub Eropa, saya akan mendokumentasikannya di sini. Bila suatu saat memerlukannya nanti, tinggal membuka saja akun Facebook. Analisis kekuatan dan tindakan media atas informasi tentang kedua kompetisi ini nantinya akan dibahas pula pada tulisan-tulisan berikutnya.



Selamat menikmati liga Champions (Champions League) dan liga Europa (Europa League) bagi para penggemar sepakbola!



Liga Champions

Grup A: Inter Milan, Werder Bremen, Tottenham Hotspur, Twente

Grup B: Lyon, Benfica, Schalke, Hapoel Tel Aviv

Grup C: Manchester United, Valencia, Glasgow Rangers, Bursaspor

Grup D: Barcelona, Panathinaikos, Copenhagen, Rubin Kazan

Grup E: Bayern Muenchen, AS Roma, Basel, Cluj

Grup F: Chelsea, Marseille, Spartak Moscow, MSK Zilina

Grup G: AC Milan, Real Madrid, Ajax, Auxerre

Grup H: Arsenal, Shakhtar Donetsk, Braga, Partizan Belgrade



Liga Europa

Grup A: Juventus, Manchester City, Salzburg, Lech Poznan

Grup B: Atletico Madrid, Bayer Leverkusen, Rosenborg, Aris Thessaloniki

Grup C: Sporting, Lille, Levski Sofia, Gent

Grup D: Villarreal, Club Brugge, Dinamo Zagreb, PAOK

Grup E: AZ Alkmaar, Dynamo Kiev, BATE Borisov, FC Sheriff

Grup F: CSKA Moscow, Palermo, Sparta Prague, Lausanne Sports

Grup G: Zenit St Petersburg, Anderlecht, AEK Athens, Hadjuk Split

Grup H: Stuttgart, Getafe, Odense, Young Boys

Grup I: PSV Eindhoven, Sampdoria, Metalist Kharkiv, Debreceni

Grup J: Sevilla, Paris Saint Germain, Borussia Dortmund, Karpaty

Grup K: Liverpool, Steaua Bucharest, Napoli, Utrecht

Grup L: Porto, Besiktas, CSKA Sofia, Rapid Vienna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...