Minggu, 29 Agustus 2010

Sketsa Sunyi


Menabalkan janji bisa hidup lebih baik setiap hari bukanlah strategi irrasional. Asalkan bukan menjadi manusia yang selalu mengabarkan keluarbiasaan tiap kali bertemu. Hanya Mu yang luar biasa dan kita hanya manusia biasa, bukan manusia super. Menabalkan niatan ada pada tiap buku sementara yang lebih berguna justru adalah pengalaman-pengalaman di luar teks. Menabalkan kalimat di sanubari sedalam apa pun bukanlah tindakan.



Memaku diri bahwa kita sendirian adalah keberhasilan karena lebih nyata bila dibandingkan dengan kesuksesan mengikuti self-help book apa pun. Memaku hati dalam diri hanyalah pada yang satu itu kita kembali, Mu. Memaku hati sendiri bahwa pengalaman eksistensial adalah yang terpenting. Memaku perbuatan baik pada orang lain bukan untuk memukau-Mu.



Mendaraskan apa yang kau anggap baik asalkan tidak menyakitkan masih lebih bermakna dibandingkan men-stigma orang lain hanya menggunakan "sisa" otaknya untuk hidup. Mendaraskan apa saja asal tak membuat menderita. Pendarasan harus sekaligus selalu mengobati bilur luka yang dibuatnya. Mendaraskan diri sendiri bukanlah ritual.



Mematri namu-Mu di jiwa sendiri bukan berarti menyakiti sebentuk kehidupan apa pun. Mematri agar rangkaian hari milik kita bermakna tidak perlu teriakan pada yang lain. Mematri sajalah dengan panas yang sesuai dan sudut api yang tepat agar memadai bagi dirimu sendiri. Mematri janji dalam hati untuk jadi perhiasan fana dan sakral tidak harus dikoarkan setiap subuh. Mematri apa pun dalam hidup bukan untuk terperhatikan oleh-Mu.



Siapa yang memanggil di tengah kesendirian ini?

Diakah yang bisa membekukan bunyi dan memperdengarkan sunyi?

Diakah yang selalu ada dekat sekali, menempel pada tiap nada walau kita sedang ada dalam kekosongan?

Siapa yang bisa mengomposisi bentuk dalam kehampaan tak bertepi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...