Senin, 31 Januari 2011

Kisah Seorang Gadis


Mendengarkan album milik Dira (Sugandi) ini kita segera berpikir bahwa ini bukan kisah seorang gadis yang biasa. Ini adalah kisah luar biasa tentang seorang gadis yang juga luar biasa. Tentunya kita membaca kisahnya yang secara tak sengaja berteman dengan Bluey pentolan Incognito. Bluey kagum dengan suara Dira yang luar biasa sewaktu Incognito tampil di sini. Bak kisah dongeng yang luar biasa kemudian Dira berkembang menjadi penyanyi yang lebih hebat lagi. Dira pun luar biasa. Setidaknya ini bisa dilihat dari kekuatan dirinya menjadi penyanyi yang disegani. Saya membaca kisahnya di media betapa beratnya mengikuti standar penyanyi internasional. Perlu kekuatan hati menjadi hebat.



Karena itulah “wajar” bila debut album di Indonesia ini menjadi luar biasa. Hasil yang luar biasa bila kita mengamati dan mendengarkan ketigabelas lagu di album ini. Suara Dira yang memukau, lagu-lagu bagus yang kebanyakan diciptakan oleh Bluey, dan tim kreatif yang kuat, menjadikan album ini berkategori sangat bagus. Saya yang bukan penyuka genre musik yang dibawakan oleh Dira maupun Incognito saja bisa terpesona di beberapa pagi hari belakangan ini, apalagi penggemar mereka.



Isi lagu ini sendiri sejalan dengan judul albumnya, berkisah tentang kehidupan seorang gadis. Ragam kisah di dalam kehidupan memang memang terjadi pada semua orang. Perbedaannya adalah cara pengungkapan atas kisah yang terjadi itu. Lagu pertama, “Inside Love”, sudah mengajak kita berpikir positif atas cinta, bahwa cinta adalah sesuatu yang bisa “membebaskan”. Awal ciamik untuk rangkaian lagu yang secara keseluruhan juga bagus.

Lagu kedua, “Time Out of Love”, masih berbicara tentang cinta namun dikaitkan dengan waktu. Bahwa cinta bukanlah sesuatu namun relasi yang terus-menerus dijaga dan dipupuk. Suatu kali relasi itu mesti “diistirahatkan” dan ditinjau kembali. Tidak perlu dijalani tanpa jeda yang memadai. “Let’s Go Back”, lagu ketiga, masih berhubungan dengan lagu sebelumnya, yaitu kembali memasuki hidup dan kembali berelasi dengan manusia lain dengan sebaik-baiknya. Lagu ini menjadi lebih indah dengan kehadiran vokal Omar Lyefook.



Dua lagu berikutnya juga memperbincangkan cinta. Hal yang unik dari seseorang gadis adalah membicarakan cinta dengan hangat dan seperti berbincang. Hal ini muncul di lagu “Get Through to You” dan “Loving A Stranger”. Bukankah bila mencintai dan dicintai pada fase awal biasanya kita berubah menjadi “orang asing”? bukan diri kita yang sebenarnya. Lagu keenam, “Daydream”, membicarakan cinta dengan lebih “aneh”. Kekaguman pada orang yang kita cintai seringkali membawa mimpi seperti ini. Semua mengalir indah sekaligus bersahaja dan bisa diraih.



Lagu berikutnya, “Essentially Yours” adalah track favorit saya di album ini. Kerinduan pada orang yang dicintai adalah hal biasa, namun di lagu ini dikisahkan dengan cara yang menarik. Kerinduan yang begitu kuat sampai batas antara ada dan tiada orang lain itu tidak jelas. Kita mesti berterima kasih pada para filosof Eksistensialis yang mendedah konsep “ketiadaan” dengan intens sehingga kita lebih menghargai manusia lain dan diri kita sendiri.



Keempat lagu berikutnya, “Bring It On”, “Hand on Your Heart”, “Won’t You Come with Me”, dan “No More Tears”, juga adalah lagu-lagu yang bagus. Sementara itu dua track terakhir adalah dua lagu berbahasa Indonesia. Dengan begitu terlihat dengan jelas perbedaan album versi Indonesia dengan versi luar negeri. Penambahan dua lagu di akhir itu memperjelasnya. Salah satu lagu berbahasa Indonesia, “Kami Cinta Indonesia” adalah karya seniman yang masih dirindu, Harry Roesli. Lagu kedua terakhir dari rangkaian lagu di album ini sekaligus menasbihkan bahwa menjadi seorang gadis semestinya tidak hanya memiliki kisah hidup mencintai manusia lain, tetapi juga mencintai masyarakat dan bangsanya sendiri.



Judul Album : Something about the Girl

Penyanyi : Dira

Tahun : 2010

Label : Bluey Music Ltd.

Distributor : Aquarius Musikindo



Daftar Lagu:

1.Inside Love
2.Time Out of Time
3.Let’s Go Back (featuring Omar)
4.Get Through to You
5.Loving A Stranger
6.Daydream
7.Essentially Yours
8.Bring It On
9.Hand on Your Heart
10.Won’t You Come with Me
11.No More Tears
12.Kami Cinta Indonesia
13.Kucemburu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...