Rabu, 19 Mei 2010

U2 - Artificial Horizon atau Cakrawala Buatan


U2 bagi saya lebih dari sebuah band. Lagu-lagu U2 menjadi sarana hiburan dan belajar tentang banyak hal, terutama tentang keberagaman dalam hidup, "bersikap" cerdas dan apresiasi pada hak asasi manusia. Melalui output yang dihasilkan kuartet bernama U2 ini, saya juga belajar cara kerja kolektif walau memang sulit menerapkannya dalam kehidupan nyata secara penuh. Empat jiwa dan hati pasti menghasilkan sesuatu yang berbeda dibandingkan menghasilkan karya sendirian. Dan mereka membuktikannya bahwa mereka bisa. Sejak awal mereka juga tidak pernah berganti formasi atau berkurang personelnya. Semua album mereka relatif bagus sekali, termasuk album Pop (1997), yang dianggap paling lemah oleh para pengamat sekali pun. Lagu-lagu dari album Pop tersebut muncul di album ini.

Output mereka yang lain, pentas live-nya, juga bagus. U2 adalah band atau penyanyi yang termasuk dalam deretan penampil spektakuler. Beberapa di antaranya, Radiohead, Pink Floyd, dan Pearl Jam. Tidak pernah ada pentas yang jelek. Pun dengan video klip yang mereka hasilkan. Mulai dari videoklip dari album Joshua Tree (1987) yang menyerap habis esensi Amerika Selatan, Achtung Baby (1991) yang sangat posmo, sampai kembali pada akar rock yang keras, langsung, dan "menghajar" untuk dua album terakhir, How to Dismantle an Atomic Bomb (2004) dan No Line on Horizon (2009).

Aktivitas bermusik U2 menjadi lebih besar lagi karena aktivitas vokalisnya, Bono, yang peduli pada gerakan sosial dan politik negara-negara berkembang. Sejak awal U2 juga peduli dengan lembaga nirlaba bernama Amnesti Internasional. Album "Joshua Tree" misalnya didedikasikan untuk orang-orang dihilangkan secara paksa oleh pemerintahan otoriter di Amerika Latin. Kembali pada aktivitas politik Bono. Ia memang aktif dan turut membidani banyak gerakan sosial jauh sebelum Facebook menjadi alat yang efektif untuk itu. Walau begitu, aktivitas Bono ini melahirkan label negatif dari penulis Naomi Klein yang bernama "Bonoisme", suatu keadaan terharu-biru untuk keinginan bertindak sosial ketika menghadiri pentas live U2 tetapi tidak di kehidupan nyata.

Setiap orang punya argumennya ketika menyukai atau tidak menyukai seseorang atau sesuatu. Terlepas dari itu semua, penjualan album U2 dan produk yang berhubungan dengannya sangat tinggi. U2 banyak memberikan inspirasi bagi band lain untuk bermusik dan bertindak seperti U2, katakanlah Coldplay. U2 dan semua outputnya adalah contoh terbaik dari industri bernama industri musik dan kekuatan kerjasama kelompok untuk berkarya.

Album "remix" dan live ini, "Artificial Horizon", adalah contohnya. Tidak ada banyak lagu baru yang di-remix di album ini. Hanya ada dua lagu yang tidak masuk album utama, hanya di album b-side, yaitu "Happiness is A Warm Gun" dari album edisi spesial The Best dan "Fast Car", track bonus untuk album "How to Dismantle an Atomic Bomb". Dari sisi nama, jelas album ini merujuk pada album terakhir "No Line on the Horizon". "Artificial Horizon" dianggap memberikan nuansa yang mirip namun tidak penuh dari album "utama". Album remix U2 bisa dikreasi karena musik mereka memang memungkinkan untuk itu, terutama sejak album Achtung Baby, dan diperkuat oleh album "Zooropa" (1993), album U2 yang pertama saya dengarkan. Saya mendengarkannya ketika kuliah dan sejak itu memburu seluruh output U2, terutama album dan videoklip-nya.

Toh, ini adalah album remix. Biasanya album remix adalah karya untuk bersenang-senang dengan sesama musisi atau fans. Seringkali fans dengan sukarela "menyampur" kembali lagu-lagu suatu band. Pada tataran lain, ini adalah cara lebih mendalam untuk mengakses pesan bagi fans fanatik. Kebetulan di album ini ada Trent Reznor yang me-remix lagu "Vertigo". Reznor dari Nine Inch Nails adalah favorit saya juga. Jadi mengakses album ini ibaratnya mendapatkan kenikmatan akses "combo", dua favorit dalam satu album.

Sambil menunggu album baru U2 tahun depan, tidak ada salahnya mendengarkan album ini walau lagu-lagunya sudah kita kenal. Anggap saja menikmati makanan yang sama dengan cita rasa sedikit berbeda atau dengan cara berbeda. Bila sudah begini, apa sebenarnya yang artifisial itu...cakrawala? musik dan lirik? jangan-jangan perkakas emosional kita dan bahkan kehidupan ini artisial juga? tergantung siapa yang memaknainya artifisial .

Judul Album : Artificial Horizon
Penyanyi : U2
Tahun rilis : 2010

Daftar lagu:
1. Elevation (Influx Mix)
2. Fast Cars (Jacknife Lee Mix)
3. Get On Your Boots (Fish Out Of Water Mix)
4. Vertigo (Trent Reznor Remix)
5. Magnificent (Falke Radio Mix)
6. I'll Go Crazy If I Don't Go Crazy Tonight (Live U2360 Remix)
7. Beautiful Day (David Holmes Remix)
8. Staring At The Sun (Monster Truck Remix)
9. Happiness Is A Warm Gun (Danny Saber Mix)
10. Get On Your Boots (Justice Remix)
11. City Of Blinding Lights (Hot Chip 2006 Remix)
12. If God Will Send His Angels (Grand Jury Mix)
13. Staring At The Sun (Brothers In Rythym Ambient Mix)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...