Rabu, 06 Januari 2010

Menulis di Awal Tahun dan Awalnya Menulis


Sungguh menyenangkan mempunyai waktu untuk menulis. Saat menulis adalah waktu yang berkualitas bagi saya sekarang ini. Menulis juga bukan lagi suatu yang memberatkan seperti di masa lalu, bahkan menjadi “ritual” yang saya tunggu-tunggu setiap harinya.. Semoga ini awal yang bagus bagi aktivitas tulis-menulis saya di awal tahun seperti sekarang ini dan selanjutnya terus begini sepanjang tahun.

Saya mencoba mengingat-ingat kapan persisnya saya mulai senang menulis. Kesenangan itu dimulai dari situs blog bernama multiply. Inilah situs blog tempat saya pertama-kali membuka blog. Setelah itu saya memiliki beberapa blog tetapi sampai sekarang hanya dua yang bertahan, plus dengan “catatan” di Facebook. Dua blog itu adalah duniakreatif.multiply.com dan wisnumartha14.blogspot.com
. Isinya sih relatif sama walau saya sudah memikirkan untuk membedakan sedikit pesan yang hadir di kedua blog itu.

Saya mesti berterima-kasih pada istri saya yang mengenalkan, membukakan, serta mengingatkan password blog multiply saya pada tanggal 8 Agustus 2005. Dia juga-lah yang terus-menerus memberikan inspirasi untuk menulis, selain dia sendiri, bersama perempuan cantik yang satu lagi yang lebih kecil, yang menjadi inspirasi saya untuk apa pun. Pada awalnya saya memang tidak langsung rajin menulis. Banyak faktor yang membuatnya demikian. Tetapi karena sebuah peristiwa biasa di tahun 2007 saya jadi agak rajin menulis di blog. Peristiwa itu adalah "jatuh cinta" pada musik Indonesia. Rupanya moment itu tidak hanya membuat saya mencintai musik Indonesia, saya pun jadi lebih ingin memperdalam musik populer sebagai media. Kemudian hal tersebut kemudian menghubungkan dengan banyak hal lain yang saya sukai; bercerita tentang hal-hal tidak penting...hehe...

Multiply adalah awalnya. Hal ini saya pahami betul. Saya jadi senang menulis dan berkomunitas melalui blog ini. Saya jadi terinspirasi oleh tindakan sosial yang dilakukan oleh istri saya dan teman-temannya. Ada kegiatan menulis buku bersama-sama, kegiatan sosial, dan berkumpulnya mereka (bahasa kerennya kopdar) menjadi sarana untuk saling memahami pengalaman pihak lain. Aktivitas yang paling berkesan bagi saya adalah bagaimana istri saya dan teman-temannya turut membantu korban gempa, yang dibantu oleh media baru, termasuk blog di internet.

Ketika mulai menemukan “flow” menulis itulah, saya kemudian “menemukan” para pembelajar di jurusan
saya, Ilmu Komunikasi UGM, di multiply. Pertemuan yang tidak disengaja pada awalnya. Kini beberapa dari mereka sering berkomunikasi melalui tulisan, terutama di area yang paling saya suka, musik populer. Saya juga agak sering membaca tulisan-tulisan teman-teman pembelajar itu. Saya jadi sedikit memahami pengalaman otentik para pembelajar yang menjadi narablog di multiply. Kini menulis juga menjadi aktivitas bersama yang tambah mengasyikkan dan mencerahkan.

Tidak banyak hal lain yang saya harapkan, salah satunya adalah harapan saya untuk menulis dengan lebih baik di blog, di notes FB, atau di manapun wahana untuk menulis. Juga mendapatkan kawan lebih banyak lagi untuk menulis secara kolaboratif, baik di dalam proses maupun output-nya. Semoga semakin mewujud di tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...