Kamis, 07 Januari 2010

Puisi Lama 2


Cinta dalam Kemasan

bagaimana mungkin aku menyusun pohon filsafat
bila cinta dirayakan terlalu meriah
gemerlap seperti lampu-lampu neon
memaksaku menikmati permukaannya
cinta hari ini adalah panganan ringan : renyah, lumer seketika, kita lupakan
bagaimana mungkin aku merasakan cinta sebiru biasanya
bila aku sendiri menikmati sungguh cinta dalam kemasan:
cinta romantis, cinta sup ayam, cinta ada apa dengan, cinta tai kucing
cinta dalam kemasan, siapa mau?
(untuk hari kasih sayang)

*****

Garis Langit

pagi, seolah-olah kita lupa memiliki nama
memilih-milih topeng yang akan kita kenakan
onani dan menyenangkan orang lain
sementara ular-ular mengisi kepala kita
siapa lagi yang akan kita lumat dan caci
siang, kita diam dan tak bicara apa pun
walau hidup terlalu menyakitkan
tetapi topeng tetap dikenakan
menganggap tak ada garis langit
malam, kita lihat garis langit bersama bulan
menyadari bahwa hidup mesti dihargai
ada ujung dari perjalanan ini
esoknya, kita tidak menemukan garis langit
topeng yang kita pakai menutupinya!
seolah tak pernah ada, namaMU

*****

Anjing Hitam

beberapa tahun yang telah mati seekor anjing hitam datang membangunkanku menjilati leherku yang kering bercengkerama seolah aku menyukainya
seekor anjing hitam menyemburkan liurnya merayu konsep-konsepku yang tumpul mengajariku seolah dia seorang guru
seorang anjing hitam menggigitku menusukkan gigi hitam busuknya ke kakiku, kemudian bernanah menyatakan bahwa untuk berhasil (mencapai cita-cita) aku harus merasakan sakit terlebih dulu
kini, aku hanyalah seonggok daging yang terinfeksi Aku tak bisa melakukan apa-apa lagi Semua orang menjadi anjing hitam bahkan si anjing hitam datang dua kali sehari, pagi dan malam
anjing hitam selalu menjadi temanku !

(frase anjing hitam saya dapat dari sebuah lagu Manic Street Preachers di album "This is My Truth Tell Me Yours")

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...