Senin, 11 Januari 2010

Musik yang Merasuki Jiwa - Review Album Rasuk oleh The Trees and The Wild (2009)


Judul album ini sesuai dengan pengaruh musiknya pada diri kita: merasuki jiwa! Musik yang mengalir, menghantui, dan membuat kita bersyukur bisa melewati hari dengan berani. Kalimat pembuka inilah yang layak disematkan pada album bagus ini. Tiada kata lain bila mesti diringkas: hebat!

Saya sendiri sebenarnya hampir luput dalam mengakses album ini. Di akhir tahun kemarin, bulan lalu, saya tidak menemukan album musik Indonesia yang dapat saya akses. Ada satu album yang saya dengarkan dan saya kecewa sekali. Untungnya ada album ini dan album Risky Summerbee & The Honeythief, “The Place I Wanna Go”.

Keduanya segera saya akses dan saya pun teringat bahwa saya membaca di suatu media, entah media apa, yang mereview kedua album tersebut adalah album yang bagus. Ternyata informasi tersebut benar adanya. Kedua album ini bagus dan terutama album “Rasuk” ini. Saya jadi semakin mencintai musik Indonesia. Dan lebih menggembirakan lagi, album bagus seperti ini tidak hanya ada satu.
Album ini mengajak kita memasuki musik yang kaya dan indah. Album dibuka oleh lagu “Verdure” yang misterius dan pendek durasinya. Lagu yang menjadi pengantar bagus untuk keseluruhannya, agar kita “tercebur” dengan elegan ke dalam albumnya. Ini dibuktikan dengan lagu kedua, “Honeymoon on Ice”, yang langsung menghentak dan mengajak kita ikut berteriak.

“Malino” sedikit bernapaskan jazz dan sayang saya tidak bisa menangkap makna liriknya dengan baik. Lagu “Our Roots” sama manisnya. Petikan gitar bersama suara indah vokalisnya, Remedy Waloni, bercampur mengucap kata…merasuk…yang menjadi esensi dari album ini. Pada “Noble Savage” saya teringat lagu-lagu awal John Mayer apalagi suara vokalis band ini memang terdengar mirip.
Lalu sampailah pada lagu favorit saya di album ini, “Derau dan Kesalahan”. Judulnya pun sudah membuat saya tertarik. Dua kata yang tidak umum digunakan bersamaan. Apakah lagu ini tentang penyesalan?

Satu hal yang saya tahu pasti dari lagu ini jika band ini tidak terlalu suka dengan kata. Mungkin itu sebabnya kebanyakan lagu lebih mengutamakan musik dan tidak ada lirik yang disertakan di album ini. “Fight the Future” dan “Kata” adalah dua lagu yang menunjukkan bahwa album ini dipersiapkan dengan sangat baik. Kualitas semua lagu yang terjaga menghasilkan keutuhan album yang solid.

Kejutan lain juga diberikan oleh album ini. Hidden track yang tersembunyi “mengejutkan” kita sebagaimana layaknya hidden track. Lagu tersembunyi ini berbincang tentang keabadian…selamanya / selamanya…begitu yang terus-menerus terdengar. Dan, menurut saya, album ini telah mengayunkan sedikit langkahnya pada keabadian.

Desain album ini juga layak masuk dalam jajaran desain album terbaik tahun 2009 (bila ada). Kita dimanjakan dengan keindahan grafis dan jualan RBT tidak diberi kesempatan untuk merusak keseluruhan desain sampul. Kita dapat menyerap keindahan setiap ilustrasi di sampul album ini. Walau demikian, tetap ada jualan RBT tetapi ada di bagian yang berbeda dari sampul album sehingga tidak mengganggu konsep dan keindahan keseluruhan. Hal yang terbaik memang mencari “adonan” pas untuk kepentingan ekonomi dan kepentingan kualitas. Musik yang “megah” untuk didengar dan sampul album yang indah untuk dipandang-pandang adalah kombinasi yang maut dari album ini. Ciamik nian!

Penyanyi : The Trees & The Wild
Album : Rasuk
Tahun : 2009
Label : Hello Media

Daftar lagu:
1. Verdure
2. Honeymoon on Ice
3. Irish Girl
4. Malino
5. Our Roots
6. Berlin
7. The Noble Savage
8. Derau dan Kesalahan
9. Fight the Future
10. Kata
11. Hidden Track

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...