Rabu, 05 Agustus 2009

Ruangan yang Kering, Bersih dan Berpenerangan Baik

Dulu waktu kuliah, aku pernah baca sebuah cerpen kalo gak salah yg nulis Hemingway judul terjemahannya "Ruangan yang Bersih dan Berpenarangan Baik". Cerpen itu sederhana tetapi karena yg nulis emang jago, rasanya begitu mengena: betapa kita perlu hal-hal sederhana dalam hidup. Sederhana, kecil, sepintas gak penting, tetapi sebenarnya begitu bermakna bagi kita.

Ada juga sebuah lagu keren dari Pet Shop Boys, judulnya "High and Dry", yg kira2 maknanya mirip (minimal kuartikan begitu walau "High" mungkin punya makna lain). Keduanya sama: kita hanya butuh hal-hal kecil di tengah rutinitas kehidupan yang melelahkan.

Beberapa kali aku merasakan hal seperti ini. Suasana kantor yang seringkali menggerus emosi dan memerlukan konsentrasi terus-menerus, mahasiswa yg kadang2 bikin capek. Semua suasana kerja itu kemudian ditambah dengan kehujanan waktu pulang ke rumah (maklum naik kereta angin..hehe). Rasanya melelahkan sekali.
Kalo dalam keadaan seperti itu, yg aku perlukan cuma keadaan yg kering dan bersih, juga suasana 'suasana' hangat di rumah. Hal-hal besar seperti komunikasi politik dan demokratisasi media sepertinya ada di dunia lain..
Hal-hal kecil tetapi riil terkadang lebih kita perlukan di dunia ini daripada mimpi2 besar...
Apa hal kecil yang paling rekan-rekan rindukan belakangan ini?

(dari blog saya yang lain, duniakreatif.multiply.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...