Kamis, 31 Desember 2009

Greatest Love of All

Normalnya, saya tidak akan memuat, apalagi menafsir-nafsir lagu barat di notes atawa blog saya. Saya berusaha berfokus pada lagu dari penyanyi Indonesia saja. Tetapi malam ini berbeda. Malam ini, di sebuah acara resepsi pernikahan saya mendengar sebuah lagu yang cukup lama tidak saya dengarkan. Resepsi itu adalah resepsi pernikahan seorang rekan muda saya, Dado (a.k.a. Ian) dan Donna. Saya mendengar sebuah lagu di acara ini. Lagu yang sudah muncul sekitar tahun 1986 di kompilasi salah satu kaset "Love Songs", yang banyak beredar pada jaman itu.

Lagu itu berjudul "Greatest Love of All". Lagu yang dipopulerkan oleh Whitney Houston dalam debut albumnya tahun 1986 walau sebelumnya sudah dinyanyikan oleh George Benson pada tahun 1977 untuk film Greatest. Film yang menceritakan petinju legendaris, Muhammad Ali.

Seperti biasa, seperti halnya di semua acara resepsi pernikahan, saya dan istri menyalami mempelai, kemudian menyantap hidangan. Saya tidak menduga, di tengah acara makan sambil berbincang dengan kolega, saya mendengar lagu ini yang dinyanyikan oleh salah seorang keluarga mempelai wanita. Duet penyanyi "asli" di acara ini pun sampai heran dengan kualitas suara yang keluar dari "penyanyi undangan". Demikian pula saya.

Saya terkesima dengan suara penyanyinya, juga dengan makna lagu ini yang kemudian terpikir secara mendalam. Lagu dengan lirik yang puitis dan bermakna mendalam. Oleh salah satu penciptanya, Linda Creed (diciptakan bersama Michael Masser), lagu ini memang merupakan curahan perasaan yang mendalam atas penderitaannya bertarung dengan kanker payudara dan menjadi ibu muda. Pada tahun 1986 itu juga, Creed meninggal dalam usia 37 tahun. (informasi umum untuk lagu ini saya dapatkan dari wikipedia)

Lagu ini menyadarkan saya bahwa pernikahan bukan hanya menyatukan dua orang atau pun dua keluarga. Pernikahan adalah semacam langkah awal kemanusiaan. Ia adalah pintu gerbang untuk semua manusia untuk menghadirkan manusia-manusia baru. Bukan hanya sekadar menghadirkan mereka ke dunia, tetapi juga mendidik manusia-manusia baru itu sebaik mungkin dengan cinta yang utuh penuh.

Untuk rekan saya, Dado dan Donna, selamat berbahagia...hari ini adalah langkah awal...hari esok dan seterusnya, berusaha semaksimal mungkin untuk bersama selamanya.

Untuk teman-teman yang lain, berikut ini lirik lengkap lagu "Greatest Love of All". Selamat menikmati lagu indah dan cerdas ini.

Greatest Love of All
Diciptakan oleh : Michael Masser and Linda Creed

I believe the children are our are future
Teach them well and let them lead the way
Show them all the beauty they possess inside
Give them a sense of pride to make it easier
Let the childrens laughter remind us how we used to be
Everybody searching for a hero
People need someone to look up to
I never found anyone to fulfill my needs
A lonely place to be
So I learned to depend on me

I decided long ago, never to walk in anyones shadows
If I fail, if I succeed
At least I live as I believe
No matter what they take from me
They cant take away my dignity
Because the greatest love of all
Is happening to me
I found the greatest love of all

Inside of me
The greatest love of all
Is easy to achieve
Learning to love yourself
It is the greatest love of all

I believe the children are our future
Teach them well and let them lead the way
Show them all the beauty they possess inside
Give them a sense of pride to make it easier
Let the childrens laughter remind us how we used to be

And if by chance, that special place
That youve been dreaming of
Leads you to a lonely place
Find your strength in love

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...