Kamis, 31 Desember 2009

Light My Fire

Membicarakan “nyala api”, entah mengapa saya jadi ingat dengan lagu the Doors, “Light My Fire”. Mungkin makna lagu ini tidak ada hubungan langsung dengan hasrat hidup. Mungkin juga lagu ini bisa diterjemahkan sebagai hasrat yang mendasar. Tetapi saya lebih memaknainya sebagai hasrat yang umum, terutama antuasiasme terhadap sesuatu yang kita sukai.

Lagu ini paling tidak mengingatkan saya pada dua hal. Pertama, ingatan saya kembali pada masa lalu. Walau the Doors adalah band lama, saya mengenalnya pada dekade 1990-an. Ada keliaran dalam kreasi. Ada hasrat yang kuat menyampaikan suara hati melalui lagu. Karena itulah, setelah mengenal the Doors, saya menyukai lagu-lagu mereka. Lagu ini adalah yang paling saya sukai sekaligus lagu yang paling populer bagi telinga pendengar the Doors.

Hal kedua yang saya ingat adalah film the Doors (1991). Film ini adalah salah satu film bagus menurut saya. Di film ini Val Kilmer bermain bagus sebagai Jim Morrison. Begitu hebat akting Val Kilmer, majalah Rollingstone menyebut Val Kilmer lebih hebat ketika memerankan Morrison daripada menjadi dirinya sendiri. Saya tersenyum dengan komentar tersebut. Lucu sekali dan ada satire di situ karena setelah itu Val Kilmer jarang sekali berperan bagus di film-filmnya setelah film ini.

Begitulah yang saya ingat tentang lagu ini. Kini hasrat saya sangat kuat di tengah presentasi riset tentang RRI. Saya antusias dengan banyak hal yang bisa didiskusikan dan diperdebatkan; tentang penyiaran publik, tentang jurnalisme, dan tentang sejarah organisasi radio siaran yang luar biasa. Antusiasme itu tambah besar karena mitra diskusi yang juga terlalu “bersemangat”. Bersemangat untuk resisten dan “menyerang” balik…hehe….Diskusi yang keren dan menggairahkan !

Ini liriknya…semoga teman-teman juga ingat dengan lagunya. Juga selamat menonton (kembali) filmnya, karena menonton film sambil mendengarkan lagu (OST) – nya akan lebih memaksimalkan efek pada diri kita.

Light My Fire
By: The Doors

You know that it would be untrue
You know that I would be a liar
If I was to say to you
Girl, we couldn't get much higher
Come on baby, light my fire
Come on baby, light my fire
Try to set the night on fire

The time to hesitate is through
No time to wallow in the mire
Try now we can only lose
And our love become a funeral pyre
Come on baby, light my fire
Come on baby, light my fire
Try to set the night on fire, yeah

The time to hesitate is through
No time to wallow in the mire
Try now we can only lose
And our love become a funeral pyre
Come on baby, light my fire
Come on baby, light my fire
Try to set the night on fire, yeah
You know that it would be untrue
You know that I would be a liar

If I was to say to you
Girl, we couldn't get much higher
Come on baby, light my fire
Come on baby, light my fire
Try to set the night on fire
Try to set the night on fire

Try to set the night on fire
Try to set the night on fire

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Lagi, Berjuang Lagi

Di akhir tahun mencoba lagi menulis rutin di blog ini setelah sekitar enam tahun tidak menulis di sini, bahkan juga jarang sekali mengunjung...